9 Tips Agar Tegar Menghadapi Cobaan

 
9 Tips Agar Tegar Menghadapi Cobaan
Sumber Gambar: Nathan Cowley dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta Tidak dapat dipungkiri pasti semua akan mengalami cobaan dalam hidupnya. Saat dihadapkan dengan cobaan bahwa kita harus menyadari Allah SWT dengan kita bukan berarti sebaliknya Tuhan sedang membenci kita.

Banyak dari kita ketika mendapatkan beberapa cobaan masalah hidup, sebagian dari kita akan lari dan akan meninggalkan masalah tersebut tanpa mencari bagaimana cara penyelasaainya.

Dengan menghindar dari berbagai masalah tersebut kita berfikir masalah akan hilang dengan sendirinya. Namun ada juga yang memilih untuk tetap menerima dan sabar menghadapinya sembari mencari jalan keluar dari permasalahn yang ada.

Berikut ini Sembilan tips agar tegar dalam menghadapi cobaan yang sedang menimpa kita dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

1. Sadarlah bahwa kita tidak sendirian, ada Allah Ta'ala bersama kita.
2. Ingatlah bahwa di balik takdir Allah SWT pasti ada hikmah yang indah.
3. Tidak ada yang dapat memberi kebaikan dan menyelamatkan dari keburukan kecuali Allah Ta'ala, maka janganlah menggantungkan harapan kecuali kepadaNya.
4. Apapun yang ditakdirkan menimpamu: ia tidak akan meleset darimu. Dan apapun yang ditakdirkan meleset darimu: ia tidak akan dapat menimpamu.
5. Ketahuilah hakekat dunia, maka jiwa kita akan menjadi tenang.
6. Berbaik-sangkalah kepada Allah SWT.
7. Pilihan Allah SWT untuk kita, itu lebih baik daripada pilihan kita untuk diri kita sendiri.
8. Cobaan yang semakin berat, menunjukkan pertolongan Allah SWT semakin dekat.
Jangan pikirkan bagaimana datangnya pertolongan Allah Ta'ala, karena jika Allah SWT berkehendak, maka akan mengaturnya dengan cara yang tidak terlintas di akal manusia.
9. Kita harus berdoa meminta kepada Allah SWT, yang di tangan-Nya ada kunci-kunci kemenangan.

Jika kita perhatikan, kebanyakan prinsip di atas mengaitkan kita dengan Allah SWT. Karena memang manusia itu makhluk lemah, dan dia tidak akan menjadi kuat kecuali jika mendapatkan suntikan kekuatan dari luar, dan tidak ada yang mampu memberikan kekuatan seperti Allah azza wajalla.

Dari sini, kita juga bisa memahami, mengapa semakin orang dekat dengan Allah Ta'ala, semakin kuat pula jiwanya dan semakin kuat akidah seseorang, maka semakin kuat pula kepribadiannya. wallahu a’lam


Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Editor: Nasirudin Latif