Salah Satu Golongan yang Dekat dengan Nabi di Hari Kiamat

 
Salah Satu Golongan yang Dekat dengan Nabi di Hari Kiamat
Sumber Gambar: foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Hari Kiamat, hari di mana seluruh umat manusia dibangkitkan untuk dimintai pertanggungjawaban, atas apa yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Tetap, tidak semua umatnya dapat mendekat kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

Dalam sebuah riwayat, terdapat suatu peristiwa di mana Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menjelaskan siapa saja golongan yang kelak yang paling dekat dengannya di hari Kiamat

Salah satu orang dekat dengan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam pada hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Siapakah orang berakhlak mulia?

Dalam hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam disebutkan adalah bukan orang yang keras, tidak suka menghina sesama dan tidak sombong. Sedang orang yang melakukan tiga perbuatan tersebut, akan menjadi orang yang paling jauh dari Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam pada saat hari Kiamat.

عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن من أحبكم إليّ وأقربكم مني مجلسا يوم القيامة أحاسنكم أخلاقا وإن أبغضكم إليّ  وأبعدكم منّي مجلسا يوم القيامة الثرثارون والمتشدقون والمتفيهقون

Dari Jabir bin Abdullah bin Amru bin Haram Al-Anshari radliyallahu anhu (607-697 M, Jannatul Baqi' Madinah) berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda : “Orang yang paling saya cintai dan paling dekat dengan tempat saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Sementara orang yang paling saya benci dan tempatnya paling jauh dari saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang keras dan rakus, suka menghina dan sombong.” (HR. Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi Asy-Syafi'i atau Imam At-Tirmidzi rahimahullah wafat 9 Oktober 892 M, Termez, Uzbekistan).

Hadis di atas, juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari rahimahullah (20 Juli 810 M - 1 September 870 M di Uzbekistan) dalam kitab Shahihnya, Imam Muslim rahimahullah (wafat 5 Mei 875 M, Naisabur, Iran) dalam kitab Shahihnya dan Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah (wafat 2 Agustus 855 M, Bagdad, Irak) dalam kitab Musnadnya. Wallahu A'lam. Semoga bermanfaat !!


Al-Faqir Ahmad Zaini Alawi Khodim Jama’ah Sarinyala Kabupaten Gresik