Panic Attack Menyerangku

 
Panic Attack Menyerangku

Assalamu’alaikum Mbak Nur….
Salam kenal, saya K, mahasiswi di Bandung. Mbak Nur, saya kok sering tiba-tiba muncul rasa takut, cemas, panik, nafas terasa berat, keringet dingin, sakit perut, gelisah dan gejala lain tanpa ada sebab yang saya pahami.

Gejala ini bisa muncul sewaktu-waktu, baik saat banyak orang ataupun sedang sendirian. Saat gejala itu muncul, saya hanya bisa melakukan menarik nafas panjang sampai gejalanya hilang sendiri. Apakah saya sudah terkena gangguan mental ? Apa sebenarnya penyebab munculnya gejala-gejala yang saya alami tersebut ? Lalu apa yang harus saya lakukan agar tidak berlarut-larut ?
Terima kasih atas penjelasannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
K – Bandung

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai K di Bandung salam kenal kembali ya, semoga harimu selalu penuh semangat dan menyenangkan. Berdasarkan gejala-gejala yang kamu ceritakan di atas sepertinya mengarah pada panic attack atau serangan panik. Sedikit informasi tentang panic attack ini dipengaruhi oleh beberapa hal :

1. Faktor Genetik atau keturunan
Seseorang yang memiliki orang tua kandung atau saudara kandung yang mengalami panic disorder, juga berisiko untuk mengalami hal tersebut.

2. Karakteristik seseorang
Sebagian orang memiliki kepekaan atau sensitivitas yang lebih tinggi dibandingkan orang lain. Sebenarnya hal ini cukup baik, karena membuat dia lebih peduli terhadap orang dan lingkungan di sekitarnya. Sayangnya, kepekaan ini bisa menimbulkan kecemasan ataupun panic attack. Perlu dicatat ya, tidak semua orang yang sensitif mengalami panic attack.

Baca juga: Depresi Atas Kematian Orang Terkasih

3. Stress
Stress bisa menjadi pemicu munculnya panic attack yang apabila dibiarkan terus menerus bisa menjadi penyebab seseorang mengalami depresi.
Nah, pada kasusmu ini Mbak Nur tidak bisa menentukan apakah gejala yang kamu alami ini sudah termasuk dalam gangguan mental (panic disorder) atau belum karena data yang disampaikan sangat minim, sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Luka Batin Masa Kecil Membebaniku

Mbak Nur sarankan, jika gejala-gejala yang kamu alami sudah cukup lama dan mengganggu aktivitas sehari-harimu sebaiknya segera memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater. Mereka pasti akan membantumu memberikan terapi yang sesuai untuk mengatasinya. Semoga membantu ya.


Wassalamu’alaikum wr wb.
Salam Hormat
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun