Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 16

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 16
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh.

Laduni.ID, Jakarta - Di antara banyak ajaran Islam, ajaran takwa harus selalu dipesankan dan diaktualisasikan dalam kehidupan nyata. Mengapa? Karena pesan takwa itu sangat vital, menjadi salah satu rukun bagi keabsahan khutbah dan salat jumat yang dilaksanakan. Dan ditegaskan Imam al-Mubârakfȗrî (1283-1383 H), dalam kitabnya Tuhfat al-Ahwadzî bi-Syarh Jâmi‘ al-Tirmîdzî (Juz VI, hlm. 104), “Fainna al-taqwâ asâs al-dîn, wa-bihi yurtaqâ ilâ marâtib al-yaqîn, karena sungguh takwa adalah pondasi agama, yang dengannya seseorang diangkat kepada tingkat-tingkat keyakinan. Dengan takwa itulah banyak hikmah yang sungguh penting yang diraih bagi orang-orang yang bertakwa (muttaqîn).

Apa sejatinya makna takwa? Syaikh Mushthafâ Dîb al-Bughâ dan Syaikh Muhyiddîn Mistȗ dalam kitab al-Wâfî fî Syarh al-Arba‘în al-Nawawiyyah (hlm. 214) menjelaskan makna takwa dan urgensi pesan atau wasiat takwa: “Wasiat Takwa:

Takwa adalah melaksanakan semua perintah dan menjauhi semua larangan. Ketakwaan ini merupakan perintah syar’i. Rasulullah, dalam memberikan pesan, senantiasa menitikberatkan masalah ketakwaan, karena bagi siapa pun yang komitmen dengannya akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ketakwaan juga merupakan pesan Allah terhadap orang-orang terdahulu dan juga terhadap kita semua.

Dalam Al-Qur’an terdapat banyak ayat yang meneguhkan ajaran takwa. Di antaranya termaktub dalam surat Âli ‘Imrân, al-Tâghabȗn, al-Ahzâb, al-Thalâq, dan al-Anfâl, sebagai berikut: “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.” (QS Âli ‘Imrân (3) ayat 102).

_____________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 16 file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak biografi Syekh Ihsan al-Jampesi


Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah murid beliau Di SINI