Ringan Riuh

 

Kerja pada Manusia atau Pada Allah?

Suatu saat seseorang yang berwirausaha membuli seorang pegawai dengan menggunakan bahasa hakikat. Terjadilah obrolan sebagai berikut :

Ikhtilaf Itu Cantik (Gesekan Melahirkan Keindahan)

Demikian pula, jika umat ingin tambah dewasa, maka gesekan kadang memang harus terjadi, maka ikhtilaf itu sebuah keniscayaan. Sekali lagi "ikhtilaf", bukan "tafarruq".

Kisah Banser yang Bikin Gus Dur Gagal Kaya

Kisah Banser yang Bikin Gus Dur Gagal Kaya

Pada Suatu Masa, Soal Kemerdekaan Berpendapat

Pada suatu masa, pernah yang namanya kemerdekaan tidak selalu diiringi kebebasan berpendapat di muka umum. Apalagi jika itu menyangkut politik, apalagi menyentil pemerintah yang tengah berkuasa demi alasan stabilisasi nasional.

Merdeka itu, Berkat Rahmat Tuhan

Mereka rela berkorban harta dan nyawa demi meraih kemerdekaan yang hasilnya dapat dirasakan oleh kita bersama kini.

Kisah Taubatnya Az-Zamakhsyary

Bagi penikmat kitab-kitab tafsir atau balaghah, nama az-Zamakhsyari tidaklah asing. Dia adalah ulama tafsir, lughot, dan sastra [adab] yang luar biasa dan bermadzhab Hanafi, tetapi sayang akidahnya Muktazilah. Dia, sebagaimana kaum Muktazilah [Qadariyah],

Menghapus Egoisme

Sepanjang sejarah manusia selalu ada sekelompok orang yang mengklaim pandangan dan jalan hidup keagamaannya sebagai paling benar, sambil menuduh pandangan selain dirinya adalah total salah. Di antara mereka ada yang melakukan gerakan ekstrim. Bukan hanya menyalahkan dan mensesatkan pandangan yang lain itu,

Masa Lalu Takkan Pernah Kembali

Hari ini masyarakat konservatif-fundamentalis-radikalis di berbagai belahan dunia masih terus berteriak-teriak mencaci-maki orang-orang yang terlibat dalam dunia baru (modern). Mereka akan terus berteriak bahwa pembaruan, inovasi dan kreativitas, adalah kesesatan dan menjerumuskan manusia ke dalam neraka jahannam.

Ini Dia Resep Masakan Anak Kos, Murah Meriah. Mau Coba?

Ini Dia Resep Masakan Anak, Murah Meriah. Mau Coba?

Kisah Wanita Lulus Cumlaude tapi Ditolak Semua Perusahaan

Wanita ini tidak diterima oleh perusahaan mana pun karena kesalahan yang dianggapnya kecil.