Shalat

 

Tata Cara Shalat Sambil Duduk

kadang kita menemukan seseorang yang melakasanakan shalat dalam keadaan duduk, namun dia bukan duduk bersila atau duduk iftirasy tetapi duduk dengan kaki berselonjor.

Tata Cara Shalat di Kendaraan

Yang menjadi permasalahan kemudian adalah ketika kebutuhan untuk menjalani ibadah shalat berbenturan dengan kondisi dirinya yang sedang berada di atas sebuah kendaraan dalam sebuah perjalanan.

Tata Cara Shalat Jama’ Qashar

Shalat Jamak dan Qashar adalah shalat yang dilakukan dalam menunaikan shalat fardhu ruba’iyah ( berjumlah empat rakaat).

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Qabliyah Dzuhur

Bahwasannya shalat sunnah merupakan penunjang bagi shalat fardhu. Sebagai penunjang, pahala shalat sunnah bisa saja berfungsi sebagai tambahan pahala shalat fardhu, jika ternyata kuaalitas shalat fardhu terlalu rendah. Oleh karena itu shalat sunnah juga disebut dengan istilah shalat nawafil yang berarti tambahan.

Petunjuk Lengkap Shalat Tahiyatul Masjid

Secara bahasa tahiyatul masjid (تحية المسجد) artinya menghormati masjid. Dalam istilah syariah, tahiyatul masjid adalah shalat sunnah dua rakaat yang dilakukan ketika seorang muslim pertama kali memasuki masjid dan belum duduk.

Bacaan Wirid dan Doa Setelah Shalat Fardhu

Selepas menunaikan shalat fardhu lima waktu, seseorang dianjurkan meluangkan waktu sebentar untuk berdzikir. Amalan ini menjadi rutinitas (wirid) as-salafus shalih yang memiliki dasar yang kuat dari Sunnah Nabi.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Qabliyah Subuh

Shalat Sunnah Qabliyah Subuh adalah shalat sunnah yang dilakukan sebelum shalat Subuh. Hukumnya sunnah berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari. 

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Qabliyah Isya

Shalat Sunnah Qabliyah Isya adalah shalat sunnah yang dilakukan sebelum shalat Isya'. Hukumnya sunnah berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari. 

Petunjuk Lengkap Shalat Hajat

Shalat hajat adalah shalat sunnah 2 (dua) rakaat) yang dilakukan ketika ada hajat (keperluan). Shalat hajat ini dijadikan wasilah (perantara) oleh seseorang pada Tuhannya dengan tujuan agar Allah memenuhi keinginan orang itu.

Shalat Sunnah Rawatib untuk Magrib dan Isya'

Amalan sunah ini dikerjakan untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada ibadah yang wajib. Salah satu amalan sunah di dalam ibadah shalat yang paling utama adalah menjalankan shalat sunnah rawatib.