Shalat

 

Ustaz Ma'ruf Khozin : Kucing di Tempat Sholat

Dari Abu Qatadah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menjelaskan tentang kucing: "Kucing tidak najis. Kucing adalah hewan yang sering berkeliaran di sekitar kalian" (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

Ustaz Ma'ruf Khozin : Tempat Imam Shalat Lebih Tinggi

Makruh jika posisi makmum lebih tinggi dari pada tempatnya imam, atau sebaliknya (tempat Imam lebih tinggi), jika memungkinkan keduanya berada dalam tempat yang sama.

Berapakah Jumlah Minimal Rakaat Shalat Witir. Apa Boleh Kerjakan Hanya 1 Rakaat?

Berapakah Jumlah Minimal Rakaat Shalat Witir. Apa Boleh Kerjakan Hanya 1 Rakaat?

Hukum Adzan Dua Kali Menjelang Shalat Jum’at

Untuk menandai datangnya shalat Jum’at dikumandangkan adzan satu kali, yaitu ketika khatib sedang duduk di mimbar.

Hukum Mengantarkan Khatib Naik Mimbar

Sebelum pelaksanaan shalat Jum’at sebelum khatib naik mimbar ada seseorang yang disebut Muraqqi berdiri di depan jamaah.

Tata Cara Sholat ketika di Perjalanan

Kesibukan serta mobiltas yang tinggi membuat seorang sering melakukan perjalanan, kadang membuat seorang muslim lalai atau kesulitan dalam melakukan ibadah shalat, lalu bagaimana para ulama menentukan aturan main untuk melakukan shalat di atas kendaraan

Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Matahari

Bagi yang mahir ilmu falak, arah kiblat bisa dilakukan dengan menggunakan penghitungan matematis menggunakan rumus segitiga bola atau yang dikenal dengan Spherical Trigonometri dengan mengetahui terlebih dahulu koordinat Lintang dan Bujur.

Tata Cara, Bacaan, dan Waktu Sujud Sahwi

Sujud sahwi dilakukan sebagaimana laiknya sujud pada umumnya. Sujud sahwi dikerjakan sebanyak dua kali menjelang salam. Pada saat hendak sujud, orang yang melakukan sujud sahwi disunnahkan mengucapkan takbir. Pun juga ketika hendak bangkit dari sujudnya.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Istisqa (Meminta Hujan)

Sholat Istisqa’ adalah sholat yang dilaksanakan untuk meminta hujan.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Witir

Shalat Witir adalah shalat sunnah dengan jumlah rakaat yang ganjil. Shalat Witir terhitung dari satu hingga sebelas rakaat. Mereka yang hanya sanggup mengerjakan satu rakaat  shalat Witir boleh melaksanakannya tanpa kemakruhan.