Shalat

 

Hukum Qadha Shalat karena Pingsan

LADUNI.ID, Orang yang pingsan berada dalam posisi di tengah-tengah antara orang yang gila dan orang yang tidur. Hal ini seperti yang di ilustrasikan oleh Imam al-Ghazali:

Niat dan Tata Cara Qadha Shalat

LADUNI.ID, Sebagai sebuah hal yang menjadi kewajiban, saat lupa mengerjakan shalat, kita diwajibkan untuk menqadha’ shalat.

Beginilah Cara Mendidik Anak Agar Mau Shalat Sejak Dini

Laduni.ID, Jakarta Seorang anak hendaknya mulai dibiasakan untuk melaksanakan shalat sejak usia tujuh tahun.

Tata Cara dan Niat Shalat Sunnah Sesudah Wudhu

Laduni.ID, Jakarta Shalat wudhu merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.  Shalat ini dilaksanakan sesaat setelah kita melakukan wudhu dan sebelum air wudhu mengering dari anggota wudhu.

Shalat Sunnah Rawatib untuk Magrib dan Isya'

Laduni.ID, Jakarta Amalan sunah ini dikerjakan untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada ibadah yang wajib. Salah satu amalan sunah di dalam ibadah shalat yang paling utama adalah menjalankan shalat sunnah rawatib.

Bacaan Wirid dan Doa Setelah Shalat Fardhu

Laduni.ID, Jakarta Selepas menunaikan shalat fardhu lima waktu, seseorang dianjurkan meluangkan waktu sebentar untuk berdzikir. Amalan ini menjadi rutinitas (wirid) as-salafus shalih yang memiliki dasar yang kuat dari Sunnah Nabi.

Petunjuk Lengkap Qadha Shalat Ashar

Laduni.ID, Jakarta Diwajibkan mengqadha shalat karena tertidur maupun karena sengaja. Adapun terkait dosa, bagi orang yang meninggalkan shalat karena lupa atau tertidur maka ia tidak dikenai hukuman atau dosa.

Petunjuk Lengkap Qadha Shalat Dzuhur

Laduni.ID, Jakarta bagi orang yang meninggalkan shalat karena sengaja, maka ia diwajibkan untuk mengqadhanya secara langsung dan seketika setelah ia teringat. Selain itu, ia juga berdosa.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Ba’diyah Maghrib

Laduni.ID, Jakarta Dalam kitab NIhayatuz Zain dijelaskan secara mendetail bacaan yang disunnahkan untuk ba’diyah Maghrib.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Ba’diyah Dzuhur

Laduni.ID, Jakarta Termasuk di dalamnya shalat sunnah qabliyah dan ba’diyah. Dinamakan qabliyah karena shalat sunnah ini dilakukan sebelum shalat fardhu.