Thaharah (Bersuci)

 

Macam-macam Najis dan Cara Menyucikannya

Laduni.ID, Jakarta Najis secara bahasa berarti segala sesuatu yang dianggap kotor meskipun suci. Bila berdasarkan arti harfiah ini maka apa pun yang dianggap kotor masuk dalam kategori barang najis, seperti ingus, air ludah, air sperma dan lain sebagainya

Macam-macam Air untuk Bersuci

Laduni.ID, Jakarta Di dalam madzhab Imam Syafi’i para ulama membagi air menjadi 4 (empat) kategori masing-masing beserta hukum penggunaannya dalam bersuci. Keempat kategori itu adalah air suci dan menyucikan, air musyammas, air suci namun tidak menyucikan, dan air mutanajis.

Inilah Enam Sebab Orang Islam Diwajibkan Mandi Junub

Laduni.ID, Jkarta Bagaimana bisa mengeluarkan seseuatu yang suci malah diwajibkan mandi, sedangkan mengeluarkan yang najis cukup dengan bersuci (istinja’/cebok) saja, dan cukup berwudhu jika ingin menjadi suci?

Beginilah Niat, Cara, dan Adab Mandi Janabah yang Wajib Muslim Ketahui

Laduni.ID, Jakarta Perihal thaharah/kesucian adalah hal utama yang biasanya dibahas oleh para ulama dalam hampir seluruh kitab fikih yang ada.

Beberapa Macam Air dan Hukumnya untuk Bersuci

Laduni.ID, Jakarta Thaharah atau bersuci dalam menjalankan ibadah merupakan sesuatu yang sangat penting. Sebab ia berkaitan erat dengan syarat keabsahan sebuah ibadah. Dalam fikih, dua media penting dan utama yang dapat digunakan untuk bersuci (berwudhu) adalah air dan debu.

Tata Cara Mandi Wajib

Laduni.ID, Jakarta Sebagian orang bahkan banyak di antara kita yang tidak tau atau lupa tata cara melakukan mandi wajib, berikut ini adalah langkah – langkah yang harus Anda perhatikan