Ma'had Aly Nurul Jadid Probolinggo

Ma'had Aly Nurul Jadid Probolinggo

PROFIL
Mahad Aly Nurul Jadid adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh wilayah Al-Amiri(J) yang menerapkan model belajar konsentrasi Fiqih (Fiqih Muamalah).

Komplek yang dipimpin langsung oleh KH. Romzi Mannan Al-Amiri S.Hi, M.Hi ini merupakan wilayah khusus untuk mahasantri yang menuntut ilmu di Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton. Berdiri pada tahun 2006 dengan konsentarsi da’wah kemudian vakum untuk beberapa tahun. Barulah pada tahun 2009 bangkit kembali dengan konsentrasi baru, yaitu Fiqh.

Sebagian mahasantri menyebut wilayah ini sebagai wilayah satelit. Pasalnya hampir setiap kebijakan diambil oleh Mudir dan Mushrif komplek mahasantri tersebut tanpa campur tangan pengurus lain kecuali kebijakan umum dari pondok pusat yang harus diikuti.

Wilayah Satelit merupakan sebutan khusus yang disematkan sebagai bentuk kemadirian dalam memanage kegiatan para mahasantrinya. Mereka diajarkan untuk membentuk komitmen dan jadwal sendiri yang kemudian dipertanggung jawabkan sendiri pula. Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan Tuhan dalam wahyunya bahwa setiap manusia adalah pemimpin dan akan mempertanggung jawabkan kepemimpinannya kelak. Paling tidak mahasantri diwajibkan untuk mampu memimpin dirinya sendiri.

Dalam satuan lembaga Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton ini juga ada program I’dad sebagai wadah para calon Mahasantri yang tidak lolos dalam tes seleksi masuk Ma’had Aly. Sehingga bagi pendaftar yang masih teguh pendiriannya untuk belajar di Ma’had Aly Nurul jadid dan tidak lolos, tidak perlu berputs asa karena masih bisa terus mengasah keilmuannya di program I’dad.

Selain itu, program I’dad selama 2 tahun yang terbagi menjadi I’dad A dan B ini dipersiapkan juga bagi santri yang ingin mempersiapkan diri masuk Ma’had Aly. Meski program I’dad berdiri pada tahun 2012, waktu demi waktu tidak hanya Ma’had Aly yang banyak diminati tapi program I’dad juga tidak luput dari serbuan para peminat. Hal ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya penghuni program I’dad itu sendiri setiap tahunnya.

Program I’dad ini yang kemudian berperan besar dalam persiapan calon mahasantri atau santri dalam keberhasilan naik pada jenjang lebih tinggi, yaitu Ma’had Aly. Adapun program I’dad ini berasal dari ide para penggurus yang melihat realita banyaknya pendaftar yang tidak lolos tes Ma’had Aly yang sangat ketat tersebut. sehingga dalam praktiknya, I’dad memberikan pendidikan yang mayoritas tentang ilmu alat, baik Shorof atau Nahwu sebagai bekal nantinya dalam mengikuti seleksi masuk Ma’had Aly dan memahami literasi arab dengan baik dan benar.

Visi dan Misi
 Visi :
“Pusat studi ilmu keislaman dan kaderisasi ulama, pewaris tradisi ilmiyah dan amaliyah salaf shalih dengan kompetensi mengaktualisasikan ilmu-ilmu agama bagi kemaslahatan umat manusia.”
Misi :
1.      Menyelenggarakan dan melaksanakan studi keislaman yang menyeluruh, utuh dan komprehensif
2.      Menyelenggarakan dan melaksanakan kaderisasi ahli ilmu-ilmu keislaman dengan membekali dan menanamkan tradisi ilmiyah dan amaliyah salaf shalih
3.      Menyelangagrakan dan melaksanakan system pendidikan pondok pesantren setingkat perguruan tinggi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi
4.      Mengadakan perpustakaan yang representative bagi studi keislaman
5.      Menumbuhkembangkan berbagai program penelitia dan pengabdian pada masyarakat.

PROGRAM STUDI
1. Tamhidiyah
2. I'dadiyah
3. Takhosus Fiqh dan Ushul Fiqh (fiqih Muamalah) Strata 1


 

ALAMAT
Pesantren Nurul Jadid Jl. Kyai Haji Zaini Mun'Im, Desa Karanganyar, Paiton, Probolinggo
Telepon:  (0335) 774344
Kode Pos: 67291
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : nuruljadid.net
Email: info@mahadaly-nuruljadid.net


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.
AKTIFKAN NADA SAMBUNG PRIBADIMU

 

Alumni Ma'had Aly Nurul Jadid Probolinggo