Artikel

 

Khataman Al-Qur'an dengan WAG

Tidak hanya digunakan untuk saling berdialog dan share konten, Whats App Group (WAG) ternyata bisa dipakai untuk bikin program yang religius. Misalnya program khataman Al-Qur’an rutin mingguan. Peserta khataman bisa berasal dari tempat yang berbeda-beda,

Boleh Menguji "Ustadz Dadakan"

Dalam segala urusan, baik persoalan dunia maupun akhirat, pada prinsipnya harus diserahkan kepada ahlinya. "Apabila suatu urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggu saja saat kehancurannya." Demikian wasiat Nabi Muhammad shalla Allahu 'alaihi wa sallama yang semestinya dipedomani oleh semua umat manusia, apa pun agamanya.

TGH. Hasanain Djuaini, Ulama Pelopor Reboisasi

Namanya Hasanain Djuaini, Tuan Guru Haji adalah gelar yang disematkan di depan namanya oleh masyarakat sekitar. Selain mengasuh Pondok Pesantren Nurul Haramain di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat, yang dihuni ratusan santri,

Ihtiyath dalam Mengaji dan Mengkaji Al-Quran

 Sewaktu di pesantren dulu, Guru kami, Almarhum KH.Abdul Hannan As`ad (w.th. 1999), pengasuh Pesantren Miftahul Ulum Malang, sering mengingatkan para santrinya agar dalam membaca al-Qur`an hendaknya membacanya secara tartil, dengan baik, tidak grasa grusu,

Urgensi Pencantuman Label Halal

Ada sebagian orang, atau mungkin banyak orang, yang mempertanyakan untuk apa ada sertifikat halal dari LPPOM MUI? Bukankah halal haram makanan adalah yang sudah jelas sehingga hampir semua kaum muslimin tahu? Kalau bahannya daging sapi ya jelas halal, baru kalau daging babi ya haram, tak perlu sertifikat segala bukan?

Organisasi di Persimpangan Jalan

Kenapa organisasi kemahasiswa hari ini banyak beroleh sorotan tajam? Mulai dari kritik tajam yang dilengkapi dengan referensi ilmiah, kata-kata penuh nyinyir yag menyudutkan sampai cemo’ohan yang membuat organisasi mahasiswa seolah tak memiliki legitimasi apa-apa atas keberadaannya di jagat pertiwi ini.

Tentang Hujan dan Malaikat Mikail

Sepertinya tidak ada yang aneh tentang hujan, bermula awan, rintik, kadang angin menyapa lembut, hujan datang berdendang. Bahkan, ada yang tidak peduli dengan kedatangannya, bila ia bertandang, payung siap menghadang.

Kontekstualisasi Kitab Kuning

 Di hadapan ratusan mahasantri Ma'had Aly se Indonesia, yang sedang menyelenggarakan "Bahtsul Masail Nasional I di Pesantren Al-Rifa'i, Malang, saya diminta bicara tentang "Kontekstualisasi Kitab Kuning". Saya antara lain mengatakan : Perubahan adalah niscaya.

Literasi dalam Islam : Perbedaan Syarah dan Ta'liq

Istilah “ta’liq” (التعليق) disebut juga “ta’liqoh” (التعليقة). Bentuk jamaknya adalah “ta’liqot (التعليقات) atau “ta’aliq” (التعاليق). Secara bahasa, makna ta’liq adalah “komentar” atau “penjelasan” atau “catatan”. Kalimat yang berbunyi “u’alliqu ‘ala kalamihi” bermakna, “Saya mengomentari ucapannya”

Mewariskan Ingatan

Mewariskan ingatan adalah sebuah langkah kecil tapi berdampak besar. Apabila seserang merawat ingatan mengenai kebersamaan, optimisme, dan cinta kasih lalu diwariskan secara turun temurun, maka proses ini akan mengkristal dalam benak dan berlanjut pada tindakan seseorang.