Hewan, Qurban, dan Aqiqah

 

Hukum Mengkonsumsi Alat Kelamin Hewan

Menurut madzhab Hanafiyah hukum memakan daging kelamin kambing (hewan qurban) adalah makruh (halal dan boleh dimakan, tapi dianjurkan tidak dikonsumsi), begitu juga menurut al khottoby dalam kitab al majmu' hukumnya makruh.

Hukum Burung Ababil untuk di Konsumsi

Burung ababil termasuk jenis burung alap-alap, hukumnya haram dimakan berdasarkan hadits larangan membunuh alap-alap dan karena dagingnya buruk.

Hukum Burung Hud-hud untuk di Konsumsi

Dalam kitab hayatul hayawan diterangkana bahwa burung hud-hud adalah burung yang terkenal mempunyai garis garis dan berwarna warni, dan termasuk burung yang haram .

Arti Bangkai Menurut Madzhab Arba'ah

Bangkai  adalah hewan yang mati dengan tanpa disembelih secara syara'.

Hukum Kulit Anjing untuk Dimanfaatkan

Memburu hewan yang haram dimakan untuk dimanfaatkan kulitnya terdapat perbedaan pendapat, menurut Syafi'iyah hukumnya haram.

Hukum Lonceng di Leher Hewan

Memasang lonceng pada leher hewan hukumnya makruh, dan menurut jumhur ulama' makruhnya adalah makruh tanzih.

Ciri - Ciri Burung yang Halal Menurut Kitab Roudhoh

Ciri-ciri  burung yang halal adalah setiap burung yang punya lingkaran di lehernya, sedangkan ciri-ciri burung yang harom adalah setiap burung yang mempunyai kuku/cakar untuk melukai mangsanya.

Sejarah Ular yang Dikutuk Allah SWT

Ular itu pun meletakkan setan di antara taring-taringnya. dan ular masuk bersama setan, dan ular itu memakai 4 kaki yang termasuk hewan melata yang bagus yang diciptakan oleh Allah,

Hukum Kucing untuk Dikonsumsi

Terdapat perbedaan pendapat ulama dalam hukum mengkonsumsi daging kucing.

Hukum Menyembelih Belalang Menurut Jumhur Ulama

Para ulama telah ijma' atas bolehnya memakan belalang tanpa menyembelihnya, hanya saja pendapat yang masyhur dalam malikiyah disyaratkannya penyembelihan.