Kolom

 

Gelombang Pandemi Susulan dan Sikap Bijak Kita

Setelah tiga bulan pandemi Covid19 berlangsung pemerintah tampak puas dengan hasil upayanya dalam mengendalikan angka kematian dan jumlah warga terpapar.

Membangun Kewaspadaan Mahasiswa dan Civitas Kampus Atas Bahaya Radikalisme

Radikalisme yang saat ini menjadi ancaman nyata bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sudah ada di lingkungan kampus.

Bang Ipul, Sang Pelayan Jakarta dan Nahdliyin Ibukota

Saat itu persiapan menuju peringatan Hari Santri Tahun 2016 yang sedianya akan dilaksanakan di Lapangan Banteng hampir seluruhnya selesai.

Silaturahmi Menembus Batas

Sebagai muslim diwajibkan untuk menjaga tali silaturahmi dengan sesama. Menjaga silaturahmi memiliki keutamaan dan banyak manfaat baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain.

Kenapa 'Jualan Agama' Laku?

Dalam situasi yang curang itulah kita sering mendengar istilah "jualan agama". Seakan-akan yang jualan itu dan laku adalah orang agama.

Anda Mengaku Salafi, Salafi yang Mana?

Anda Mengaku Salafi, Salafi yang Mana?

Mengembalikan Pancasila sebagai Kesepakatan Luhur (Modus Vivendi) dalam Sistem Hukum di Indonesia

Mengembalikan Pancasila sebagai Kesepakatan Luhur (Modus Vivendi) dalam Sistem Hukum di Indonesia

Besan KH Said Aqil adalah Lawan PKI yang Asli, Bukan Kayak Pendemo Abal-Abal

Selasa lalu (23/6/20), saya diantar Gus Yayak ke ndalem KH. Raden Ahid Sambas di Nganjuk. Jalur nasabnya sambung ke Syarif Hidayatullah urutan yang ke-16, dan sambung Rasulullah pada urutan ke-39.

Kiai Asnawi dan Doa Keamanan untuk Indonesia

Kiai Asnawi, Kudus Kiai Raden Asnawi adalah seorang ulama kelahiran Damaran Belakang Menara Kudus pada tahun 1281 H/ 1864 M dan wafat pada tahun 1959 M.

Tidak Ada Kenikmatan tanpa Perjuangan

1) Siapa yang mengurusi NU maka saya anggap santriku; 2) Siapa yang jadi santriku maka akan saya doakan husnul khatimah beserta keluarganya.