Artikel

 

Beberapa Pesan Motivasi dari KH. Maimun Zubair (Mbah Moen)

KH. Maimun Zubair atau lebih akrab disapa dengan Mbah Moen merupakan seorang ulama dan kiai sepuh yang selalu dinantikan pencerahannya. Mengingat nasehat dan petuah beliau selalu terasa menyejukkan suasana.

Nuzulul Quran #1: Sejarah Turunnya Al-Quran

Setidaknya momentum ramadhan ini tentu saja menganjurkan kepada kita untuk lebih giat dan tekun dalam membaca, memahami dan menguak rahasia dalam kitab suci tersebut

Peranan Aceh dalam Dunia Tasawuf dan Tarekat

 Kita mengenal beberapa zawiyah yang muncul di Aceh, namun hampir tidak ada tokoh besar yang muncul yang setara dengan beberapa yang telah saya jelaskan di atas. 

Jawaban dari Safari Dakwah Habib Abu Bakar Al-Adni bin Ali Al-Masyhur ke Indonesia

Kami datang ke Indonesia untuk mengecek kondisi umat Islam di Indonesia saat ini, saya kagum dan bangga, sepanjang perjalanan tour dakwah dari mulai Jawa Timur, Jawa Barat hingga Jakarta, dan seluruh Indonesia pada umumnya Subhanallah wal Hamdulillah disini penuh keramahan

Menyelamatkan Demokrasi dan Mengambil Jarak dari Media Sosial

Boleh jadi pemblokiran sementara beberapa fitur media sosial oleh pemerintah dapat memaksa kita untuk istirahat sejenak dan mengembalikan nalar kita.

People Power via Generasi Millenial

Jadilah masyarakat Indonesia yang cer­das, sang millennial yang bijaksana, tidak mudah terprovokasi, berniat memajukan Ne­gara Indonesia ini dengan tulus tanpa pernak-pernik kepentingan pribadi dida­lamnya

Habib Munzir : Jihad dengan Kekerasan adalah Cara Setan

Namun kita harus tahu jihad itu seperti apa. Jangan bicara jihad kalau sedang emosi, itu setan bukan jihad namanya. Bedakan antara emosi dengan jihad.

Ketika Kegentingan 1999, Kiai Hasyim Muzadi Diminta Sowan pada Orang Saleh

Ketika pasca-kerusahan 1999, Kiai Hasyim Muzadi diminta sowan kepada orang-orang saleh.

Sosk-sosok yang Tak Terlihat

Menjelang Muktamar NU di Kediri, 1999, sekaligus era kegentingan pasca reformasi, Kiai Hasyim Muzadi diminta oleh gurunya sowan kepada orang-orang soleh. Anehnya, target sowan ini bukan mereka yang namanya masyhur sebagai ulama, melainkan sosok-sosok yang sama sekali tidak kondang.

Kisah Murid Syeikh Abdul Qadir Jailani dan Seekor Singanya

Murid Syeikh Abdul Qadir Jailani memiliki seekor singa yang menjadi kendaraannya. Bagaimana kisahnya?