Artikel Keagamaan

 

Apakah Keong Termasuk Halal atau Haram Dikonsumsi?

Sebenarnya apakah memang hewan keong termasuk hewan yang halal untuk dikonsumsi, sehingga tindakan sebagian masyarakat dapat dibenarkan?

Dalil Al-Qur’an dan Hadits tentang Cinta Tanah Air

Istilah nasionalisme yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia memiliki dua pengertian: paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri...

Kapan Hari Kiamat Itu Tiba?

Yang dimaksud hari akhir itu adalah hari kiamat. Permulaannya sejak seluruh manusia dari kubur untuk digiring ke padang mahsyar hingga waktu yang tidak terbatas berdasarkan pendapat yang sahih. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa mulai dari bangkit dari kubur untuk digiring hingga ahli surga masuk ke surga, dan ahli neraka masuk neraka.

Mengapa Kitab Fikih Madzhab Syafi'i Tidak Ada Dalilnya?

Ada yang tanya, kenapa kitab-kitab fikih mazhab Syafi’i seperti Safinatun Najah, Taqrib, dan yang lainnya kok tidak ada dalilnya? Jawab: Bukan tidak ada dalilnya, mas, tapi...

Hukum Membaca ‘Rabbighfirli’ Setelah Bacaan Al-Fatihah Saat Shalat

Sudah maklum bahwa hal yang dianjurkan setelah selesai menyelesaikan bacaan surat Al-Fatihah pada saat shalat adalah membaca kata “âmîn”.

Inilah Tujuh Tingkatan Neraka dan Calon Penghuninya

Al-Farra dalam kitab tafsîrnya, Ma‘ani al-Qur’ân (Terbitan Dar al-Mishriyyah, Mesir, Cet. Pertama, Jilid 2, hal. 180),  menjelaskan, sesungguhnya Jahanam itu memiliki tujuh tingkatan.

Shalat Fajar dan Qabliyah Subuh, Samakah?

Apakah makna shalat fajar merujuk pada shalat subuh atau qabliyah subuh? Atau justru mencakup kedua-duanya?

Hukum Menjamak Shalat pada Perjalanan yang Kurang dari Dua Marhalah

Shalat jamak atau menghimpun dua shalat dan qashar atau mengurangi jumlah rakaat shalat, adalah bentuk keringanan (rukhshah) dari Islam untuk mereka yang mengadakan perjalanan jauh berdasarkan sejumlah riwayat hadits.

Pendapat Ulama dan Dalil tentang Surat at-Taubah yang Tak Diawali Basmalah

Para ulama yang membidangi ilmu Ulum Al-Qur'an mengatakan:

Begini Hukum Membuang dan Membunuh Kucing

Kala itu kucing bertebaran di mana-mana, termasuk di rumah-rumah, sampai Rasulullah pun bersabda bahwa kucing bukan hewan yang najis (dalam arti ketika menyentuh apa pun).