Puasa

 

Hukum Menelan Dahak Saat Menjalankan Puasa

Dalam konteks menelan dahak, ulama umumnya sepakat bahwa jika seseorang menelan dahak secara tidak sengaja dan tanpa kesengajaan, puasanya tetap sah.

Rujukan Penetapan Puasa Sunnah Hari Arafah bagi Kaum Muslimin

Salah satu amal sholeh yang dianjurkan untuk dilaksankan pada tanggal 9 Dzulhijjah adalah puasa Arafah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi kaum muslimin yang tidak sedang dalam menjalankan wukuf di Arafah.

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah, Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni tanggal 9 Dzulhijah

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah dan Puasa Arofah Tanggal 9 Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang dimuliakan dan penuh berkah. Khusus pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, dijelaskan dalam sebuah Hadis bahwa amal sholeh pada hari-hari tersebut sangatlah disenangi oleh Allah SWT.

Keistimewaan Puasa di Bulan Dzulhijjah

ulan Dzulhijjah adalah bulan yang istimewa. Banyak keutamaan di dalamnya. Ada amal ibadah yang sangat istimewa dan hanya bisa dilakukan di bulan ini, yakni ibadah qurban dan ibadah haji. Banyak sekali Hadis yang menerangkan keistimewaan Bulan Dzulhijjah, khususnya di sepuluh hari pertama.

Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh, Lengkap Beserta Niat

LADUNI.ID, Jakarta – Keistimewaan puasa Ayyamul Bidh perlu diketahui setiap muslim. Puasa Ayyaamul Bidh adalah puasa sunah yang dikerjakan setiap pertengahan bulan. Umat Islam yang menunaikan ibadah ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Bacaan Niat Puasa Syawal Beserta Hukumnya

Tentang puasa sunnah Syawal, ulama berbeda pendapat perihal ta‘yin. Sebagian ulama menyatakan bahwa seseorang harus mengingat ‘puasa sunnah Syawwal’ saat niat di dalam batinnya.

Puasa Syawal Menurut Berbagai Perspektif

Tulisan ini membahas tentang puasa syawal menurut perspektif hadis, perspektif fiqh, persepektif usul fiqh.

Pahala bagi Mereka yang Berpuasa Sampai Akhir

Sesungguhnya hanya orang-orang bersabar, yang mendapatkan pahala tanpa batas

Dalil Membaca Doa Qunut Witir pada Pertengahan Terakhir Ramadhan

Dalam kitab Ma’rifatus Sunani wal Atsar dan As-Sunanul Kubro pada “Bab Man Qaala Laa Yaqnut fil Witri Illaa Fin Nishfil Akhiri Min Ramadhan (Bab komentar Orang-orang yang tidak berqunut kecuali pada pertengahan terakhir bulan Ramadhan) Al Imam Al-Baihaqi menyebutkan beberapa riwayat, diantaranya Al Imam Al-Syafi’i rahimahullah berkata :

Menampilkan 1 - 10 dari 287 Puasa