Tajuk Ahad Laduni.id 05/08/2018: Awal Kedaulatan Ekonomi Menjelang Pendaftaran Calon Presiden 2019

 
Tajuk Ahad Laduni.id 05/08/2018: Awal Kedaulatan Ekonomi Menjelang Pendaftaran Calon Presiden 2019

Tajuk Minggu Laduni.id, 05 Agustus 2018

Awal Kedaulatan Ekonomi Mercusuar Dunia menjelang Pendaftaran Calon Presiden 2019

 

Awal minggu ini seolah menandakan awal kebangkitan dan kedaulatan ekonomi Indonesia, Kementerian BUMN dan banyak bank nasional telah meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional, sebuah kartu pengganti dari kartu ATM eksisting dengan logo Visa ataupun Mastercard.

Peluncuran GPN ini memberikan kekuasaan penuh pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan kartu perbankan yang sudah tidak harus terhubung dan terverifikasi terlebih dulu ke Amerika Serikat. Dengannya, maka stakeholder perbankan nasional diberikan keuntungan, terutama biaya transaksi oleh nasabah yang berkurang cukup signifikan, karena tidak adanya kewajiban pembayaran oleh nasabah kepada pihak perbankan Amerika Serikat.

Hamir bersamaan, setelah PT Freeport Indonesia jatuh ke tangan PT Inalum (Persero), kali ini blok minyak dan gas (Migas) Rokan juga dapat direbut ke tangan PT Pertamina (Persero) sejak 1971 atau sekitar 47 tahun dari genggaman PT Chevron Pacific Indonesia. Blok Rokan merupakan ‎produsen minyak terbesar di Indonesia dengan cadangan 500 juta sampai 1,5 miliar barel minyak.

Produksi minyak siap jual Rokan selama semester I 2018 sebesar 771 ribu barel per hari, porsi produksi Rokan mencapai mencapai 207.148 barel. Indonesia akan mendapatkan bonus sekitar Rp 11,3 triliun dari penandatangan tersebut, serta memiliki potensi pendapatan negara dari kegiatan produk sebesar Rp 825 triliun.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN