Sarnoff, Metcalfe dan Reeds

 
Sarnoff, Metcalfe dan Reeds

David Sarnoff, adalah pendiri NBC sebuah perusahaan broadcasting / penyiaran terkemuka di Amerika. Robert Metcalfe, adalah pendiri perusahaan besar 3Com dan penemu ethernet. Sedangkan David Reeds, adalah seorang profesor di MIT dan penemu protokol jaringan TCP/IP.

Ketiganya sering dikaitan dengan perbincangan mengenai manfaat sebuah jaringan yang mewakili jaman-nya masing-masing. Mereka sama-sama memperkenalkan rumusan yang menjelaskan manfaat sebuah jaringan.

Menurut Sarnoff yang mewakili media radio dan televisi, nilai manfaat sebuah siaran / broadcast sebanding dengan pendengar atau penonton-nya. Menurutnya, network value = n (audience).

Metcalfe yang mewakili masa-masa awal perkembangan jaringan komputer mengatakan bahwa nilai total sebuah jaringan bertambah bila komputer dikoneksikan. Network value = n ^2 ( n = komputer + penggunanya yang terhubung ke jaringan ).

Sedangkan menurut Reeds mengatakan jika komputer yang terkoneksi dalam jaringan itu berinteraksi secara intens dalam sebuah grup / komunitas maka nilai jaringan akan jauh meningkat eksponensial. Network value = 2^n ( n = komputer + penggunanya yang terhubung ke jaringan ). Anda bisa mencoba mengganti “n” dengan sebuah angka dan bandingkan hasil perhitunganya.

Situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sejenisnya saat ini sepertinya sejalan dengan hukum Reeds sehingga tidak heran situs-situs tersebut meraih jumlah pengguna yang sangat fantastis. Para penggunanya pasti merasakan betul manfaat bergabung dan berinteraksi di media sosial mulai untuk hal yang benar seperti berkomunikasi dengan teman-teman, berinteraksi dengan orang lain atau urusan bisnis sampai untuk hal yang tidak benar seperti menyebarkan fitnah, propaganda politik yang tidak benar, menyebarkan teror hingga membanjiri media sosial dengan HOAX.

Tak heran jika crowd / kerumunan yang terkumpul di seputar situs media sosial kian hari kian besar. Ancaman atau tantangan ? Bermain di area Sarnoff, Metcalfe atau Reeds ?