Shalat Sunah Akhir dan Awal Tahun Hijriyah

 
Shalat Sunah Akhir dan Awal Tahun Hijriyah
Sumber Gambar: Foto Tima Miroshnichenko / Pexels (ilustrasi foto)

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai bulan pertama dalam tahun Hijriyah, bulan Muharram memiliki keutamaan dan kelebihan di antara bulan yang lain. Bulan Muharram termasuk dalam  Asyhurul Hurum (bulan-bulan yang dimuliakan) oleh Allah SWT yang berjumlah empat yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Rasulullah SAW menamakan bulan Muharram sebagai bulan Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Lathaif al-Ma'arif karangan Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali sebagai berikut:

وقد سمى النبي صلى الله عليه و سلم المحرم شهر الله واضافته إلى الله تدل على شرفه وفضله فإن الله تعالى لا يضيف إليه إلا خواص مخلوقاته

"Sesungguhnya Nabi SAW menamakan bulan Muharram sebagai bulan Allah. Penisbahannya kepada Allah menunjukkan kemuliaan dan kelebihannya. Sesungguhnya Allah tidak menisbahkan kepada diri-Nya melainkan makhluk-makhluk-Nya yang istimewa"

Baca Juga: Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah

Pada bulan Muharram amal ibadah kita akan dilebihkan pahalanya seraya kita terus memperbaiki segala amal kebaikan. Salah satu ibadah yang dianjurkan pada bulan ini adalah puasa. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali dalam kitabnya

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN