Kebiasaan Buruk Membuat Berat Badan Tidak Terkontrol

 
Kebiasaan Buruk Membuat Berat Badan Tidak Terkontrol

LADUNI.ID, Jakarta -  Mempunyai berat badan ideal dan bentuk tubuh yang ramping menjadi dambaan semua orang karena tak hanya akan membuat penampilan terlihat sempurna, namun resiko untuk terserang penyakit juga akan lebih minim dengan berat tubuh yang proporsional. Sayangnya masih banyak orang yang kurang memahami manfaat memiliki berat badan ideal dan beranggapan memiliki tubuh gemuk tidak apa-apa asalkan sehat. 

Kita semua wajib tahu bahwa berat badan yang berlebih dapat memicu timbulnya penyakit serius dalam jangka panjang. Selain itu juga dapat berdampak pada keadaan psikologis. Oleh karena itu, pahami lebih dulu manfaat memiliki berat badan ideal sebelum memutuskan untuk diet.

Berikut beberapa kebiasan buruk yang sering dilakukan tanpa sadar sehingga membuat berat badan terus bertambah dan tidak terkontrol.

1. KELEBIHAN MAKAN

Psikolog makanan dari Cornell University Brian Wansink mengatakan, seseorang tidak tahu porsi yang tepat jika makan dengan jumlah besar (mindless eating). Dalam risetnya, penonton bioskop makan popcorn 45 persen lebih banyak dalam porsi extra large.

Mindless eating kerap terjadi saat nonton televisi, main game, atau browsing internet. Wanski menyarankan makan dengan porsi kecil, atau tidak makan langsung dari kemasannya. Solusi lain adalah mengambil jeda 15-30 menit saat nonton televisi atau main internet, untuk mengetahui jumlah makanan yang telah dikosumsi.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN