Al-Quran Mengupas Matematika Kebaikan

 
Al-Quran Mengupas Matematika Kebaikan

LADUNI. ID, KOLOM- Kebaikan merupakan bernilai positif bahkan berlipat ganda tanpa terhingga. Ini menunjukkan bahwa, dalam matematika kebaikan tidak berlaku rumus perkalian 1x1 = 1.

Tapi, rumus perkalian yang berlaku dalam kebaikan adalah 1x1 = 10. Sebagaimana firman Allah Swt: “Barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya pahala sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka ia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya dirugikan” (QS. Al-An’am: 160).

Ini petunjuk bahwa setiap satu kebaikan selalu diberikan balasan pahala berlipat ganda oleh Allah Swt. Berbeda dengan kejahatan, satu kejahatan yang dilakukan hanya dicatat sebagai satu dosa baginya. Tapi, satu kebaikan yang dikerjakan dicatat 10 kebaikan baginya.

Bahkan, profetik bersabda, “Sungguh Allah mencatat setiap kebaikan dan keburukan. Barangsiapa yang berniat melakukan kebaikan tapi tidak jadi mengerjakannya, maka Allah mencatat di sisi-Nya satu kebaikan yang sempurna baginya. 

Tapi, jika seseorang berniat melakukan kebaikan dan telah mengerjakannya, maka Allah mencatat di sisi-Nya 10 sampai 700 kebaikan hingga berlipat ganda kebaikan baginya. 

Jika seseorang berniat melakukan kejahatan tapi tidak jadi mengerjakannya, maka Allah mencatat di sisi-Nya satu kebaikan yang sempurna baginya. Tapi, jika seseorang berniat melakukan kejahatan dan telah mengerjakannya, maka Allah hanya mencatat di sisi-Nya satu kejahatan baginya.” (HR. Bukhari-Muslim). 

Jadi, rumus perkalian dalam kebaikan bukan hanya 1x1 = 10, tapi juga 1x1 = tak terhingga.

Sumber: Adnan, M. Pd. I, Dosen IAIN Lhokseumawe, sumber: Serambi Indonesia, Matematika Kebaikan, 2018