Ziarah di Makam Syech Abdul Kahfi Awwal Al-Hasani, Pendakwah Islam di Pertama Kota Kebumen

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syech Abdul Kahfi Awwal Al-Hasani, Pendakwah Islam di Pertama Kota Kebumen

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Abdul Kahfi Awwal dianggap sebagai peletak dasar berkembangnya agama Islam di wilayah Kebumen. Beliau datang ke Jawa tahun 852 H/1448 M saat berusia 24 tahun, ketika masa pemerintahan Prabu Kertawijaya Majapahit atau yang dikenal dengan julukan Prabu Brawijaya I (1447 – 1451). Perjalanan di Jawa, beliau mendarat di pantai Karang Bolong, Kebumen disaat petang, dan beberapa hari setelah itu berhasil mengislamkan tiga desa berdekatan, yaitu Desa Candi, Desa Candiwulan, dan Desa Candimulyo. Diceritakan, beliau kemudian berdakwah di Jawa wilayah utara.

Profil

Nama aslinya adalah As-Syekh As-Sayyid Muhammad ‘Ishom Al Hasani. Beliau merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Ayah beliau bernama As-Syech As-Sayyid Abdur Rasyid bin Abdul Majid Al Hasani, sedangkan ibunya bernama Syarifah Zulaikha binti Mahmud bin Abdullah bin As-Syech Shahibuddin Al Huseini ‘Inath. Ayah dari Syekh As-Syech As-Sayyid Abdul Kahfi Al Hasani adalah keturunan ke-22 Rasulullah saw dari Sayyidina Hasan ra, melalui jalur As-Syech As-Sayyid Abdul Berputera As-Syech As-Sayyid Abdul Qadir Al Jaelani Al Baghdadi.

Pada usianya yang ke-45 tahun, pada 1469 beliau menikah dengan putri sulung dari Raden Patah yang bernama Nur Thoyibah.Ia pun tinggal bersama istrinya di kerajaan Demak hingga memiliki anak.

Pada saat anak beliau masih kecil, beliau kemudian memboyong istri dan anaknya ke Kebumen atas titah Raden Patah yang memutuskan memberikan tanah perdikan kepada menantunya Sayid Abdul Kahfi Al-Hasani dengan titah berbahasa Arab, "Tsuma Dha'u". Titah ini yang kemudian dijadikan sebagai nama desa yang ditempatinya.

Karena lidah Jawa akan sulitnya mengucapkan titah tersebut, sehingga kemudian disebutnya "Somalangu". Setibanya di Somalangu, beliau mendirikan pesantren yang bernama Al-Kahfi pada 24 Sya'ban 879 H (1475 M).

Guru-guru beliau:

1. As-Syekh As-Sayyid Abdur Rasyid bin Abdul Majid Al Hasani
2. Sayyid Ja’far Al Huseini

Lokasi Makam

Syech Abdul Kahfi Awwal Al-Hasani wafat pada Jumat 15 Sya'ban 1018 H atau 15 November 1605 diusianya yang ke-185 tahun. beliau dimakamkan di bukit Lemah Lanang, Somalangu, Kebumen.

Haul

Haul Syech Abdul Kahfi Awwal Al-Hasani diperingati pada bulan Sya'ban di pesantren Al-Kahfi Somalangu, haul diadakan dengan berbagai acara seperti, Mauludan, Khotmil Qur'an, dan Pengajian Akbar.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Syech Abdul Kahfi Awwal Al-Hasani banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Kebumen saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman bukit Lanang, somalangu, Kebumen.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Syech Abdul Kahfi Awwal Al-Hasani maka akan dibuka hati dan pikiran dalam mencari ilmu baik ilmu agama, ilmu bathiniah, maupun ilmu duniawi, dimudahkan dalam hajatnya, ditinggikan derajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Kebumen di antaranya:
Lanting, Yutuk, Kue satru, Jipang kacang, Emping mendem, Sale pisang