Rangkaian Doa-Doa Rasulullah SAW

 
Rangkaian Doa-Doa Rasulullah SAW
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Doa merupakan media seorang hamba untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Siapa yang berdoa kepada-Nya, pasti akan dikabulkan, sebab Allah telah berjanji demikian. Tapi, lebih dari itu, doa adalah penegasan bagi kita sebagai seorang hamba belaka dan Allah SWT Maha Mulia dan Maha Berkehendak.

Dalam banyak riwayat dikatakan bahwa Rasulullah SAW sering kali memberikan bacaan doa yang beragam kepada para sahabatnya. Semua doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW bisa diamalkan oleh siapapun. Kalau doa yang dibaca itu dari Rasulullah SAW, sementara kita tahu bahwa beliau adalah makhluk yang paling mulia dan sangat dekat dengan Allah SWT, maka tentu doa-doa itu akan didengar oleh-Nya. Karena itu tak perlu ragu dalam berdoa. Apalagi doa-doa yang langsung diajarkan oleh Rasulullah SAW atau yang didengar dari beliau.

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Abdullah Ibnu Abbas berkata, “Abbas mengutusku (menemui) Nabi SAW. Maka aku datangi beliau di suatu sore. Ketika itu beliau sedang berada di rumah tanteku Maimunah (istri Nabi SAW. pent). Di malam hari Nabi bangun dan mengerjakan shalat (Tahajjud). Setelah selesai shalat dua rakaat sebelum fajar, beliau berdoa:

اَللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِكَ تَهْدِي بِهَا قَلْبِي وَتَجْمَعُ بِهَا أَمْرِي وَتَلُمُّ بِهَا شَعْثِي وَتُصْلِحَ بِهَا غَائِبِي وَتَرْفَعُ بِهَا شَاهِدِي وَتُزَكِّي بِهَا عَمَلِيْ وَتُلْهِمُنِي بِهَا رُشْدِي وَتَرُدُّ بِهَا أُلْفَتِي وَتَعْصِمُنِي بِهَا مِنْ كُلِّ سُوْءٍ.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN