Yuk, Intip Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki

 
Yuk, Intip Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki

LADUNI.ID,HEALTY - Tidur diperlukan untuk berfungsinya tubuh dan otak. Hal ini berdasarkan data National Institute of Health. Saat tubuh beristirahat pada malam hari, organ-organ internal bekerja keras sepanjang malam. 

Jadi, ketika Anda bangun keesokan harinya, otak Anda dapat berpikir lebih jernih, Anda pun memiliki refleks yang lebih cepat dan fokus yang lebih baik. Nah, salah satu mendapatkan tidur yang lebih baik, yakni mengenakan kaus kaki di malam hari.

Berdasarkan National Sleep Foundation, menjaga kaki tetap hangat saat tidur membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sementara, jika kaki Anda dingin, pembuluh darah akan menyempit sehingga lebih sedikit darah yang bersirkulasi dan membuat Anda gelisah di malam hari.

Selain itu, membiasakan memakai kaus kaki di malam hari bisa membantu mengatur suhu internal tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengenakan kaus kaki bisa lebih bisa lebih cepat tidur dan lebih baik. 

Alasannya adalah suhu tubuh internal seseorang turun pada malam hari, mencapai suhu terendah sekitar jam 4 pagi. Menjaga kaki tetap hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah yang dikenal sebagai vasodilatasi. Ini meningkatkan aliran darah ke kulit dan panas dilepaskan melalui kulit sehingga menurunkan suhu tubuh.

Bagaimana kaus kaki mempengaruhi tubuh saat tidur? Suhu tubuh rata-rata manusia adalah 98,6 derajat Fahrenheit, tetapi suhunya berbeda 1 hingga 2 derajat selama 24 jam. Suhu inti tubuh seseorang dipengaruhi oleh ritme sirkadian mereka yang membantu menentukan pola tidur tubuh dari tidur di malam hari hingga bangun di pagi hari.

Pada siang hari, suhu tubuh naik perlahan, mencapai puncaknya pada sore hari ketika orang merasa waspada. Dan kemudian pada malam hari, suhu tubuh menurun, membuat orang tersebut merasa mengantuk.

Ketika Anda tertidur, suhu tubuh turun 1 hingga 2 derajat yang merupakan sinyal bahwa tubuh mulai menghemat energi untuk fungsi tubuh lainnya. Dan ketika Anda tidur dengan kaus kaki, itu membantu mengatur siklus suhu.

Tak sampai disitu, seperti dilansir Boldsky, tidur dengan menggunakan kaus kaki memiliki beberapa manfaat lain. Berikut ulasannya. 

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Sirkulasi yang buruk di kaki dan tungkai menyebabkan pembengkakan di pembuluh darah, nyeri kaki dan membuat kaki dingin. Mengenakan kaus kaki katun di malam hari meningkatkan sirkulasi darah di kaki dengan menghangatkan kaki.

2. Mencegah hot flash
Wanita dalam fase menopause mengalami hot flash yang menyebabkan kehangatan tiba-tiba di dalam tubuh, berkeringat, jantung berdebar, dan lainnya. Mengenakan kaus kaki di malam hari akan menurunkan suhu tubuh inti dan mendinginkan tubuh sehingga mencegah hot flash. 

3. Mempromosikan seks yang lebih baik
Pasangan yang memakai kaus kaki di malam hari sebenarnya bisa melakukan hubungan seks lebih baik dan lebih cenderung mengalami orgasme saat berhubungan seks. Hal ini berdasarkan para peneliti di University of Groningen.

4. Mengurangi gejala penyakit Raynaud
Salah satu gejala penyakit Raynaud adalah tangan dan kaki menjadi sangat dingin. Ini adalah penyakit yang mempengaruhi pembuluh darah di kulit dan aliran darah berkurang ke tangan dan kaki menyebabkan mati rasa. Mengenakan kaus kaki bisa mengurangi rasa dingin dan mati rasa di kaki dan menjaganya tetap hangat.

Sumber : Sindonews