Biografi KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudz, Pendiri Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda, Malang

 
Biografi KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudz, Pendiri Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda, Malang

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru 

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Mendirikan Pesantren

4.    Perjalanan Organisasi
5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudz lahir di Desa Saripan (Syarifan), Jepara, Jawa Tengah pada 1 Juli 1935, beliau merupakan putra dari pasangan Kyai Machfudz dan Ibu Nyai Chafsoh.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudz menikah dengan Nyai Chasinah Hamzawi putri dari KH. Chamzawi Umar, pada 7 Juli 1957 dalam usia 22 tahun. Dari Pernikahannya, beliau dikaruniai 9 orang anak, di antaranya:

  1. Drs. KH. Mushoddaqul Umam, M.Si.,
  2. KH. Muhammad Luthfillah, MM.,
  3. dr. KH. Moch. shpbachun Niam, M.kes, Sp.B-KBD.,
  4. KH. M. Taqiyyuddin Alawiy, MT.,
  5. Nyai Hj. Dra. Roudlatul Hasanah, M.Pd.,
  6. KH. Dr. Muhammad Isyroqun Najach, M.Ag.,
  7. Nyai Hj, Dra. Badiatus Shidqoh.,
  8. Nyai Hj. Fauchatul Fithriyyah, S.Ag, S.Psi.,
  9. KH. Acmad Shampton, M.Ag.

1.2 Wafat
KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudz wafat pada hari Sabtu, 1 Maret 2014/28 Rabi'ul Akhir 1434H di usia 78 tahun setelah dirawat beberapa hari di RS Saiful Anwar, Malang.

Meskipun saat dirawat di rumah sakit beliau sempat mengalami koma dan sudah berangsur membaik, namun Allah berkehendak untuk memanggil beliau. KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudz dimakamkan pada hari Ahad 2 Maret 2014/29 Rabi'ul Akhir 1434H di lingkungan Pesantren Nurul Huda.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1 Pendidikan

KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudz sejak berusia 5 tahun tepatnya pada tahun 1939 sudah belajar di Madrasah Ibtidaiyah di kampungnya yang pada waktu itu dikenal dengan istilah "Sekolah Arab", karena pelajarannya lebih banyak berbahasa arab.

Beliau belajar di sekolah ini selama kurang lebih lima tahun yaitu dari tahun 1939-1944. Beliau mulai mempelajari dasar-dasar berbahasa arab dan agama Islam. Setelah beliau menyelesaikan sekolahnya dan mempunyai dasar yang cukup, beliau meneruskan belajar di Pondok Pesantren Jepara.

Di sini beliau belajar kurang lebih selama 8 tahun, yakni dari tahun 1945-1953, dan menyelesaikan Madrasah Tsanawiyah pondok selama 3 tahun. Pondok pesantren Jepara ini diasuh oleh Kyai Abdul Qadir. Di sini beliau belajar ilmu-ilmu alat yakni nahwu dan shorof, fiqih, tauhid dan lain-lain.

Karena beliau belajar di sini sudah cukup lama, maka tidak heran jika ilmu-ilmu tersebut sedikit banyak telah beliau kuasai. Setelah menyelesaikan pelajarannya di pondok pesantren Jepara, beliau masih merasa belum cukup ilmu pengetahuan agamanya, dan akhirnya beliau pergi untuk belajar di Pondok Pesantren Krapyak pimpinan KH. Ali Ma'shum, sambil menyelesaikan studi SGHA (Sekolah Guru dan Hakim Agama).

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. Kyai Machfudz,
  2. Kyai Abdul Qadir Jepara,
  3. KH. Ali Ma'shum. Pesantren Al Munawwir Krapyak

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1 Mendirikan Pesantren

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda dirintis oleh KH. Drs. A. Masduqie Machfudz melalui mushala kecil yang berada di Mergosono gang 3B. Mushala yang sebelumnya sepi oleh aktivitas ibadah mulai digalakkan semenjak beliau berdomisili. Walaupun lingkungan sekitar kurang merespons aktivitas ini.

Tetapi dengan ajakan yang santun, perlahan lingkungan sekitar mulai terpengaruh. Makin lama, mushala semakin ramai dengan jamaah shalat fardlu. Aktivitas syiar Islam pun ditingkatkan dengan pengajian rutin, baik yang dilaksanakan di mushalla maupun di sekeliling pelosok kota Malang.

Pengasuh berada di Malang dalam rangka meneruskan sekolah di IAIN Sunan Ampel cabang Malang. Namun karena keahliannya, beliau juga ditugasi untuk mengajar pada bidang keahlian beliau, yakni bimbingan membaca kitab (kuning) dan tafsir Qur'an.

Dalam proses pengajaran ini, beliau menemui kendala bahwa mahasiswa yang menguasai pembacaan kitab kuning masih minim. Oleh karenanya beliau mengadakan kursus bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan. Dosen-dosen lain pun merujuk kepada pengasuh apabila mahasiswanya mengalami kesulitan. Pondok pesantren ini dimulai dengan belajarnya para mahasiswa untuk membaca kitab.

Yang lama kelamaan santrinya bukan hanya terdiri dari sanak famili dekat dan mahasiswa, tetapi juga masyarakat umum yang ingin mendidik putra-putrinya agar dapat mendalami agama Islam, terutama dalam hal menguasai pembacaan kitab.

Bahkan seorang alumni pernah mengaku terkejut karena banyak orang yang telah mengenal pesantren ini memiliki kualitas yang diacungi jempol. Sehingga ia tidak kesulitan dalam memasuki dunia kerja.

4. Organisasi

  1. Ketua cabang GP Ansor periode tahun 1954-1957
  2. Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)

5. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: PPSS Nurul Huda

Sebelumnya artikel ini dibuat pada tanggal 1 Maret 2023 dan diedit kembali dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 1 Maret 2024

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya