Jumlah Puasa di Bulan Rajab

 
Jumlah Puasa di Bulan Rajab

LADUNI.ID, Jakarta -  Rajab adalah salah satu dari bulan Haram. salah satu bulan yang dimuliakan, dimana ketika datang Bulan ini Nabi Muhammad SAW berdoa dengan doa yang artinya sebagai berikut

“Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab serta Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan” (Hadits Riwayat. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

Yang dimaksud dengan bulan haram adalah bulan yang diagungkan sehingga ada larangan khusus. Semisal kita mempunyai berlian atau barang yang berharga maka pastinya ada larangan-larangan yang berbeda dibandingkan dengan barang yang tidak berharga. seperti memegang langsung atau hal-hal lain.

Begitu juga di bulan haram, di bulan haram dilarang berbuat dosa karena ganjarannya akan dilipatgandakan begitu pula pahalanya. contohnya berpuasa pada bulan Rajab pahalnya akan dilipatgandakan lantas berapa hari yang disunahkan untuk berpuasa?

Untuk menjawab hal ini, lebih baik kita melihat Hadits dari Nabi Muhammad SAW yang Diriwayatkan dari Mujibah. “Puasalah pada bulan-bulan haram” (Riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Dalam hadits ini hanya mejelaskan perintah berpuasa saja tanpa menyebutkan berapa lama hari yang tertera. Sebenarnya hadits ini sudah cukup menjadi dalil kebolehan kita berpuasa karena memang diperintahkan oleh Rasulullah SAW.satu bulan penuh di bulan Rajab semuanya baik untuk berpuasa. Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami menegaskan:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN