Adab Makan dan Minum Dalam Islam Beserta Dalilnya

 
Adab Makan dan Minum Dalam Islam Beserta Dalilnya
Sumber Gambar: ilustrasi.Png

LADUNI.ID, Jakarta - Islam menganjurkan umatnya untuk makan yang halal dan bergizi. Halal berarti tidak ada larangan syar’i untuk menikmatinya, baik karena sifat benda yang dimakan atau cara mendapatkannya.
Bergizi artinya mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, karbohidrat, protein, dan lemak. Dengan kita memilih makanan yang baik, diharapkan dapat menjadi sumber energi yang akan mendorong kita untuk berbuat kebajikan. Dengan demikian, makanan tersebut memiliki keberkahan bagi hidup kita.

Kegiatan atau aktivitas buruk kadang selalu kita lakukan sehari-hari, salah satunya adalah makan dan juga minum sambil berdiri.
Selain itu juga makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri dan masih banyak lagi lainnya.
Terkadang kita juga tidak membaca doa terlebih dahulu ketika hendak makan dan minum.Lalu membuang makanan juga kerap kita lakukan, hal ini tentu sangat tidak baik dalam Islam dan sangat tidak dianjurkan oleh Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam.

Islam sangat peduli dengan semua aktivitas manusia, mulai dari hal kecil sampai hal yang besar. Maka dari itu sebagai muslim yang baik, kita harus benar-benar menjaga aktivitas keseharian mulai dari yang sepele, salah satunya adalah makan dan minum.
Langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai adab makan dan minum dalam Islam berikut ini.

Sebagaimana Firman Allah SWT :

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN