Penggunaan Ayat-Ayat Al Qur'an untuk Pengobatan

 
Penggunaan Ayat-Ayat Al Qur'an untuk Pengobatan
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Melalui Al-Quran, Islam memberikan panduan dan arahan bagaimana menjaga kesehatan, pengobatan dan upaya preventif /kuratif,  yang tidak dimilikia agama lain.

Dalam Agama Islam Manusia terdiri dari jasmani dan ruhani. Sangat penting bagi umat Islam memahami kesehatan individu dan masyarakat secara holistik, tidak hanya sisi jasmani saja melainkan juga memperhatikan sisi ruhaninya, untuk membedakan konsep kesehatan Islam (dalam perspektif Al-Qur’an) dan konsep kesehatan ala Barat.

Barat hanya mementingkan sehat dari sisi jasmani saja, sehingga terkesan memperlakukan tubuh manusia sebagai mesin mekanik. Makalah ini disusun dengan tujuan memberikan informasi tentang pandangan Al-Quran terhadap kesehatan dan obat.

Al-Qur’an sebagai panduan hidup umat Islam ternyata juga memberikan penjelasan tentang obat dan kesehatan. Meskipun penjelasannya tidak sedetail buku-buku pengobatan, namun bisa memberikan gambaran secara global tentang pemahaman aqidah yang harus dimiliki oleh pasien, pentingnya usaha preventif dalam mewujudkan kesehatan serta obat-obat yang disebut dalam Al-Qur’an .

Al-Quran adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umatnya. Di dalamnya terdapat ayat-ayat yang jelas bagi manusia yang mau menggunakan akalnya.

Al-Quran tidak meninggalkan sesuatu yang kecil apalagi yang besar kecuali mencatatnya. Tiada satupun perkara baru yang diperbuat manusia, demikian pula ilmu pengetahuan manusia kecuali pasti ada dalilnya di dalam Al-Quran . (Jamaluddin, Mubasyir, 2006:35).

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ تِبْيَٰنًا لِّكُلِّ شَىْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Dan Kami turunkan kepadamu Al–Kitab (Al–Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS: An-Nahl: 89)

Terkait dengan obat dan pengobatan, Al-Quran tidak memberikan penjelasan yang sangat rinci tentangnya. Misalnya, Al-Quran tidak menjelaskan bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai obat, dan untuk mengobati penyakit apa.

Al-Quran juga tidak menjelaskan tentang metode-metode pengobatan, atau cara membuat obat dan cara menggunakannya. Hal itu bisa dimaklumi karena Al-Quran memang bukan buku farmasi atau buku kesehatan.

Akan tetapi, Al-Quran adalah Kitab Suci yang memberikan panduan bagi umat Islam supaya mereka selamat dan bahagia di dunia dan akhirat. Tentang obat dan kesehatanpun Al-Quran memberikan panduan global, arah-arahan sebagai penuntun bagi manusia dalam berinteraksi di bidang tersebut supaya mereka tidak merugi di dunia maupun di akhirat.

Diriwayatkan bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda ; Jibril mengajariku  sebuah obat dengannya saya tidak lagi butuh pada obat lain dan dokter. Kemudian Abu Bakr, Umar, Utsman dan Ali, bertanya ; Apa itu, wahai Rasulullah? Sesungguhnya kami membutuhkan obat tersebut. Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda; Ambillah air hujan secukupnya, dan  bacakanlah atasnya surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan  ayat Al-Kursi ( Al-Baqarah 2:255). Masing-masing dibaca sebanyak 70 kali. Diminum pagi dan  sore selama 7 hari.

Demi Dzat yang telah mengutusku dengan hak  sebagai seorang Nabi, sungguh Jibril telah berkata kepadaku : " Sesungguhnya, barang siapa meminum air tersebut, maka Allah akan  menghilangkan segala penyakit dari tubuhnya. Dan Allah akan menyembuhkan  dari semua macam sakit. Dan barangsiapa pula meminumkan air tersebut  pada istrinya, lalu tidur bersama dengan sang istri , maka istri akan  bisa hamil dengan izin Allah.

Dan air tersebut juga bisa  menyembuhkan mata yang sakit, menghilangkan guna-guna, santet dan sihir,  menghilangkan dahak, menyembuhkan sakit dada, sakit gigi, pencernaan,  sembelit, kecing tidak lancar. dan tidak butuh dibekam (canduk) dan  kemanfaatan-kemanfaatan lain yang hanya Allah yang tahu.

Sumber :  An-nawadir karya Syekh Syihabuddin bin Salamah Al-Qolyubi :

فائدة ; روي أنه صلى  الله عليه وسلم قال " علمني جبريل دواء لا أحتاج معه إلى دواء ولا طبيب ،  فقال أبو بكر وعمر وعثمان وعلي رضي الله عنهم ; وما هو يا رسول الله ؟ إن  بنا حاجة إلى هذا الدواء . فقال ; يؤخذ شيئ من ماء المطر وتتلى عليه فاتحة  الكتاب ، وسورة الإخلاص ، والفلق ، والناس ، وآية الكرسي ، كل واحدة سبعين  مرة ويشرب غدوة وعشية سبعة أيام . فو الذي بعثني بالحق نبيا ، لقد قال لي  جبريل ; إنه من شرب من هذا الماء رفع الله عن جسده كل داء وعافاه من جميع  الأمراض والأوجاع ، ومن سقي منه امرأته ونام معها حملت بإذن الله تعالى ".  ويشفي العينين ، ويزيل السحر ، يقطع البلغم ، ويزيل وجع الصدر والأسنان  والتخم العطش وحصر البول ، ولا يحتاج إلى حجامة ولا يحصى ما فيه من المنافع  إلا الله تعالى ، وله ترجمة كبيرة اختصرناها ،  والله أعلم

 

 

______________________

Catatan : Tulisan ini terbit pertama kali pada Selasa, 9 April 2019 . Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan revisi di beberapa bagian.

Editor: Sandipo

Sumber : Dari Berbagai Sumber Islami