Jutaan Euro dari Maskapai Austria Dirampok oleh Kawanan Bersenjata

 
Jutaan Euro dari Maskapai Austria Dirampok oleh Kawanan Bersenjata

LADUNI.ID, Albania -  Sebanyak empat orang  ditangkap oleh polisi Albania dan 40 lainnya diinterogasi terkait aksi perampokan jutaan Euro dari pesawat maskapai Austria Airlines. Aksi tersebut dilakukan sekelompok orang bersenjata.

Sejumlah pria bersenjata menerobos masuk landasan pacu Bandara Tirana pada Selasa (9/4), dan mencuri uang yang akan diangkut ke bandara di Wina. Bank-bank asing di Albania mengirim uang tunai ke Wina karena bank sentral Albania tidak menerima setoran itu. Berdasarkan laporan polisi yang dikutip The Guardian, Rabu (10/4).


Sejumlah kawanan bersenjata tersebut memasuki landasan pacu Bandara Internasional Bunda Teresa melalui jalur yang biasa digunakan pemadam kebakaran. Polisi menyebutkan bahwa tiga perampok bersenjata ini muncul dengan seragam ala tentara dan mengancam karyawan yang membawa uang tersebut, kemudian mencurinya. Salah satu pria bersenjata tewas dalam baku tembak dengan polisi.


Jumlah uang yang dicuri sekitar US$2,8 juta atau sekitar Rp39,634 miliar berdasarkan laporan awal. Akan tetapi, media lokal mengklaim angka itu bisa lima kali lebih tinggi. 

Tanja Ruber, Juru Bicara Austrian Airlines, menyebutkan jutaan uang tunai itu sedang dimuat ke dalam pesawat ketika perampokan terjadi. Keberangkatan pesawat tertunda tiga jam.

Kata Ruber "Baru saja lepas landas. Tidak ada bahaya bagi awak dan penumpang."

Perampokan semacam ini setidaknya dua kali terjadi dalam tiga tahun terakhir. Setelah kejadian ini, sebagai langkah pengamanan, transfer uang tunai dari Tirana ke Wina sementara waktu tidak dilakukan.