Hukum Puasa yang Memanjakan Nafsu

 
Hukum Puasa yang Memanjakan Nafsu

PERTANYAAN :

Assalamu'alaiku­m, maaf mau nanya, mohon jawabannya ya saudaraku semuaa. Seseorang sedang berpuasa, nah di dalam puasanya itu dia melihat /­ menonton film hot, sampai keluar cairan sperma ( hanya melihat, tanpa pergerakan tangan ). Pertanyaannya : Apakah puasa orang itu batal atau bagaimana ?? Cukup sekian, wassalamu'alaiku­m. 

 

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Puasa kok nonton film hot... piye iki ? memangnya puasa cuma sebatas menahan makan dan minum? tujuan berpuasa agar kita menjadi orang yang bertakwa, kalau puasa nontoh film porno mengumbar nafsunya sekalipun tidak keluar mani, itu sudah keluar dari tujuan diwajibkannya berpuasa. Allah berfirman :

يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون (183)

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. AL-BAQARAH 183). Tafsir oleh Imam Ar-Rozi 

أنه سبحانه بين بهذا الكلام أن الصوم يورث التقوى لما فيه من انكسار الشهوة وانقماع الهوى

Rosulullah bersabda bahwa siapa yang tidak mampu menahan syahwatnya maka berpuasalah, malah puasa sambil nonton filem hot.

Secara fiqih puasanya memang tidak batal, kecuali jika sudah jadi kebiasaan dengan nonton film tersebut bisa mengeluarkan mani, maka puasanya batal :

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN