Shalat Hadiah Mayit Dilengkapi Wirid dan Doanya

 
Shalat Hadiah Mayit Dilengkapi Wirid dan Doanya
Sumber Gambar: ilustrasi.Png

LADUNI.ID, Jakarta - Manusia hidup di dunia sadar atau tidak pasti akan kembali kepada sang Pencipta. Dalam Islam, kematian menjadi awal perpindahan dari alam dunia ke alam barzah, roh manusia yang sudah meninggal akan tinggal di alam barzah hingga kebangkitan manusia dari kuburnya saat kiamat kelak.

Kematian menjadi permulaan menuju alam akhirat yang kekal, setelah kematian pun manusia masih melewati masa pertanggung jawaban atas semua apa yang dilakukan dan perbuat selama hidup di dunia.

Karena pada dasarnya manusia diciptakan di dunia ini hanya untuk beribadah kepada Allah SWT

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”

Dari ayat di atas sangat jelas Allah SWT telah berfirman bahwa Allah menciptakan Jin dan Manusia hanya untuk beribadah dan tidak untuk bersenang-senang apalagi dengan menyekutukan-Nya.

Mengurus jenazah hukumnya adalah fardu kifayah, beberapa tata cara yang harus dipenuhi saat mengurus jenazah dan harus  diketahui setiap muslim. Empat kewajiban yang harus dilakukan setiap muslim terhadap orang yang sudah meninggal, antara lain: memandikan, mengkafani, menshalati, dan mengubur.

Selain empat kewajiban di atas, ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk jenazah, salah satunya adalah sholat hadiah. Shalat hadiah atau dikenal juga dengan shalat unsi merupakan sholat yang pahalanya ditujukan kepada orang yang sudah meninggal. Sholat ini dapat dikerjakan ketika jenazah baru saja dikebumikan. Namun, dapat pula dikerjakan meskipun jenazah telah lama dikebumikan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN