Biden Membalikkan Posisi Pendanaan Federal untuk Aborsi

 
Biden Membalikkan Posisi Pendanaan Federal untuk Aborsi

LADUNI.ID, Calon presiden Demokrat AS Joe Biden dan mantan wakil presiden, mengatakan dia telah mengubah posisinya yang lama dipegang atas Amandemen Hyde karena hak untuk aborsi sekarang sedang diserang di banyak negara dan semakin tidak dapat diakses untuk wanita berpenghasilan rendah.

Biden, calon dalam pertarungan untuk nominasi Demokrat tahun 2020 mengatakan pada hari Kamis bahwa ia tidak lagi mendukung larangan penggunaan dana federal untuk sebagian besar aborsi, berbalik arah setelah kritik tajam dari para pendukung hak aborsi.

"Saya tidak bisa membenarkan meninggalkan jutaan wanita tanpa akses ke perawatan yang mereka butuhkan dan kemampuan untuk melaksanakan hak mereka yang dilindungi secara konstitusional," kata Biden dalam sebuah pidato di Atlanta.

"Jika saya percaya bahwa perawatan kesehatan adalah hak, seperti yang saya lakukan, saya dapat lagi mendukung amandemen yang membuat hak itu tergantung pada kode pos seseorang," katanya.

Dukungan Biden untuk Amandemen Hyde, yang disahkan pada tahun 1976 dan melarang penggunaan dana federal untuk sebagian besar aborsi, membuatnya tidak sejalan dengan banyak anggota Partai Demokrat lainnya dalam masalah emosional.

Kelompok-kelompok hak aborsi, termasuk Planned Parenthood, dan sejumlah lawan Biden untuk nominasi Demokrat mengkritik dukungannya untuk Hyde minggu ini.

Aborsi telah muncul kembali sebagai masalah nasional sentral dalam beberapa pekan terakhir ketika sembilan negara, termasuk Alabama, Georgia, dan Missouri, mengeluarkan undang-undang pembatasan tahun ini yang melarang prosedur tersebut.

Undang-undang tersebut bertujuan untuk mendorong tantangan pengadilan yang akan membawanya ke Mahkamah Agung A.S. yang didominasi konservatif dengan harapan bahwa itu akan membatalkan keputusan Roe v. Wade tahun 1973 yang menjamin hak wanita untuk melakukan aborsi.

Baca Juga

1. PBB dan Publik Marah Terhadap Pemerintah Palestina

2. Tarif Trump Bisa Menenggelamkan Peso Meksiko ke Titik Terendah Tahun ini

3. Demokrat Mulai Melawan Trump yang Gagap di Pengadilan

4. AS Menolak Lebih Banyak Pilot F-35 Turki Atas Pertahanan Rusia S-400