Cara Menjaga Kesehatan Jantung

 
Cara Menjaga Kesehatan Jantung

LADUNI.ID, Jakarta - Sehat merupakan salah satu nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya, tanpa nikmat ini manusia tidak bisa aktifitas dengan maksimal bahkan sama sekali tidak bisa beraktifitas, walaupun harta melimpah tetapi mendapat ujian sakit maka tidak akan bisa menikmati hartanya, sudah selayaknya kita bersyukur/berterima kasih kepada Allah SWT atas karunia-Nya, sebagaimana yang diperintahkan Allah Ta’ala kepada kita dalam firman-Nya,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Maka ingatlah kepada-Ku (Allah), niscaya Aku akan ingat kepadamu, bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu  ingkar kepada-Ku “. ( Qs. Al Baqarah : 152)

Terkadang seseorang menyepelekan nikmat nikmat yang Allah SWT berikan, bahkan lalai dengan apa yang sudah diberikan sehingga menjadi sombong dan melupakan apa yang seharusnya dilakukan dan menjauhi segala yang dilarang-Nya. Hanya sebagian kecil saja dari manusia yang mau dan mampu untuk mensyukuri nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita semua, Allah SWT berfirman:

وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). (QS: Ibrahim Ayat: 34)

Salah satu nikmat kesehatan yang diberikan Allah kepada kita adalah kesehatan Jantung, jantung merupakan salah satu organ yang berfungsi memompa darah di dalam tubuh makhluk hidup, Beberapa cara menjaga kesehatan agar jantung tetap sehat, karena penyakit jantung salah satu penyakit yang mematikan.

Dikutip dari Mayo Clinic, Berikut cara menjaga kesehatan jantung dengan mudah:

1. Kurangi Garam
Makan banyak garam dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, faktor risiko penyakit kardiovaskular. Mengurangi garam adalah bagian penting dari cara menjaga kesehatan jantung.
Makanan cepat saji dan olahan seperti sup, makanan panggang, dan makan malam beku, mengandung banyak garam. Makan makanan segar, membuat sup sendiri dapat mengurangi jumlah garam yang dikonsumsi. Namun jika kamu suka makan sup kalengan atau makanan siap saji, cari yang memiliki kadar garam rendah.

2. Rajin Olahraga
Cara menjaga kesehatan jantung lainnya yakni rajin olahraga. Badan kita harus bergerak agar jantung sehat. Sebaiknya olahraga setiap hari selama 30 menit seperti treadmill, berenang, atau berjalan kaki.

3. Makan Banyak Sayuran dan Buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, serta rendah kalori dan kaya serat makanan. Sayuran dan buah-buahan mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Makan lebih banyak buah dan sayuran dapat membantu mengurangi makanan berkalori tinggi, seperti daging, keju, dan makanan ringan.
Baca juga: Geger Mayat Pria-Wanita di Baturraden, Seks Bisa Picu Serangan Jantung?

4. Pilih Sumber Protein Rendah Lemak
Daging tanpa lemak, unggas dan ikan, produk susu rendah lemak, dan telur adalah beberapa sumber protein terbaik. Ikan adalah makanan terbaik untuk daging tinggi lemak. Jenis ikan tertentu kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida. Kamu akan menemukan asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi pada ikan seperti salmon. Sumber lainnya yakni kacang kenari dan kacang kedelai.
Kacang-kacangan dan kacang polong juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung lebih sedikit lemak serta tanpa kolesterol. Mengganti protein nabati dengan protein hewani, misalnya burger daging diganti burger kedelai atau kacang akan mengurangi asupan lemak dan kolesterol, serta meningkatkan asupan serat.

5. Jangan Stres

Jangan biarkan diri kamu stres karena pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, pekerjaan kuliah, atau pekerjaan sekolah. Kalau stres, detak jantung kita akan meningkat, otot tegang, dan tekanan darah naik. Hal ini membuat jantung tidak sehat. Cara mengatasi stres salah satunya tarif nafas dalam-dalam dan melakukan aktivitas kesukaan, seperti mendengarkan musik.