Ingin Dimudahkan Hidup Dunia dan Akhirat, Amalkan Ayat Laqad Ja’akum

 
Ingin Dimudahkan Hidup Dunia dan Akhirat, Amalkan Ayat Laqad Ja’akum

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam surah  “At-Taubah” (Taubat) yang diturunkan di Madinah,  disebutkan perihal golongan yang telah  bertaubat dari  perbuatan mereka yang salah, lalu Allah menerima taubat mereka dan mengampunkannya.

Jika dibaca tujuh kali setiap hari maka ia boleh memudahkan urusan dunia dan akhirat. Jika dibaca pada pagi, ia boleh menjauhkan ancaman untuk hari itu, begitu juga jika dibaca pada waktu petang, akan menghindarkan ancaman pada waktu malamnya. InsyaAllah, ayat ini juga boleh menambah keteguhan iman seseorang itu kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Apabila sampai waktu ajal kita, kita tidak akan dapat membaca 2 ayat ini walaupun sebelum ini kita sudah biasa membaca dan mengamalkannya.

Allah memberi kita petunjuk bahwa ajal kita sudah semakin dekat, dan pada saat dan waktu itu, kita seakan-akan lupa ayat ni, tidak ingat, padahal hari-hari sebalumnya sudah kita baca. Itu tandanya, ajal kita sudah hampir tiba. Inilah salah satu petanda yang Allah beri pada hambanya yang mengamalkan surah Al-Taubah, ayat 128-129.

Surah ini juga dinamakan surah ”Baraa’ah” (pemutusan tanggung jawab) yang maksudnya “Pembatalan Perjanjian” sebagaimana yang diterangkan pada bahagian awal surah ini.

Intisari kandungannya: Menerangkan peristiharaan dari Allah dan RasulNya, yang ditujukan kepada kaum musyrik Arab dan ditegaskan bahwa oleh karena mereka telah mencabuli perjanjian dengan Rasulullah S.A.W. maka perjanjian itu adalah dibatalkan oleh Allah dan RasulNya dan mereka diberi waktu selama 4 bulan. Sesudah itu jika mereka tidak menerima Islam maka mereka akan dimusnahkan di mana saja mereka ditemui.

Selain itu, surah ini juga menandakan rahasia kaum munafik yang pura-pura  Islam pada dzahirnya, sedang mereka tetap kafir pada batinnya. Surah ini pula, dari awalnya, tidak diawali dengan Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Keistimewaan dua ayat akhir dari Surah At-Taubah (juga dinamakan Ayatul Hisni) sebagai berikut:

Barang siapa yang setiap harinya membaca dua ayat yang akhir dari Surah Al-Baraa’ah sebanyak 7x sesudah sholat fardhu maka,

  • Jika dia seorang yang lemah maka akan menjadi kuat.
  • Jika dia seorang yang hina maka akan menjadi seorang yang mulia.
  • Jika dia seorang yang kalah maka akan segera mendapat pertolongan.
  • Jika dia seorang yang berkesempitan maka akan mendapat kelapangan.
  • Jika dia seorang yang berhutang maka akan segera dapat membayar.
  • Jika dia seorang yang berada dalam kesusahan maka akan hilang kesusahannya.
  • Jika dia seorang yang sulit dalam penghidupan maka akan segera mendapat kelapangan dalam kehidupan.

Barang siapa membacanya pada hari siangnya atau pada waktu malamnya maka hal itu sebagai suatu petanda bahwa dia tidak akan mati pada saat itu. Menurut riwayat lain; dia tidak akan dilukai seseorang dengan alat-alat yang berasal dari besi.

Sebahagian ‘ulama ‘menyebut tentang keistimewaan dua ayat ini bahwa ada salah seorang yang telah  mengamalkannya ketika dalam keadaan sakitnya yang sudah kritis. Ketika itu dia sudah diperkirakan berumur 71 tahun. Dengan berkah membaca dua ayat tersebut, dia masih dapat  menikmati umurnya sehingga mencapai usia 120 tahun.

Dalam versi yang lain ada mengatakan bahwa barang siapa mengamalkan ayatul Hisni, ia tidak akan bertemu maut pada hari itu kecuali kalau telah datang kitab mubram ia akan terlupa membacanya dan tidak akan memberi bekas kpadanya sesuatu baharu. Cara mengamalkannya bacakan 7x di masa pagi.

Ini dua ayat akhir surat At-Taubah tsb:

لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ (١٢٨

Laqod ja’akum rosuulum min anfusikum ‘aziizun ‘alaihi maa’anittum hariishun ‘alaikum bil mu’miniina ro’uufur rohiim. (Surah At-Taubah: 128)

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ ࣖ (١٢٩

Fa in tawallau faqul hasbiyallaahu laa ilaaha illaa huwa, ‘alaihi tawakkaltu wa huwa robbul ‘arsyil ‘azhiim  (Surah At-Taubah: 129)

Artinya:

128. Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

129. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung.

Amalan ini biasa juga dinamai Do’a Harimau. Khadamnya ada 7 dan apabila diterawang dengan mata bathin, si pengamal dikawal oleh 7 harimau dan jasadnya diselimuti oleh tujuh lapis dinding api. Amalan ini multi function dan multi purpose.

Cara mengamalnya, baca surah At-Taubah ayat 128-129 sebanyak 7x kemudian lanjutkan dengan membaca Surah At-Taubah ayat 129 sebanyak 7x pada setiap seusai sholad fardhu terutama sesudah sholat fardhu Subuh dan sholat fardhu Maghrib.

_______________________________________________________________________________
* Artikel ini sudah tayang di laduni.id dan ditayangkan ulang dengan sedikit perubahan