Majelis Taklim Al-Muqorrobin Kendal

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Taklim Al-Muqorrobin Kendal

Al-Muqorrobin Kabupaten Kendal terletak dijalan Johar Pegulon, Kendal  adalah kegiatan sosial keagamaan yang dirintis oleh Habib Masyhur bin Muhammad bin Thoha al-Munawwar pada akhir 1980-an(Zubaidi, 17 September 2016) dari  perenungan beliau akan pentingnya sabda Baginda 
Rasulullah SAW:Dari  Ali  RA  barkata:

 Rasulullah  SAW bersabda “didiklah anakmu sekalian dengan tiga perkara: mencintai nabimu, mencintai keluarganya dan membaca al-Qur’an”  
HR.  ad-Dailami dari Ali (Hasyimi: 9).

Berawal dari itulah terbentuk majlis tadarus Qur’an dan pengajian bersama para hufadz dan berdiri Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Ashimy dengan panduan Qiro’ati (Firdaus,  18 September 2016).

Habib Masyhur bin Muhammad bin Thoha al-Munawwar wafat pada usia 75 tahun. Pada tahun 2005 al-Muqorrobin dilanjutkan perjuangannya oleh   putra-putranya, yaitu Habib Abdullah Farid bin Masyhur al-Munawwar, Habib Fauzi Rizal bin Masyhur al-Munawwar, dan Habib Muhammad Firdaus  bin Masyhur al-Munawwar.

Kepemimpinan yang dilakukan oleh putra-putra Habib Masyhur bin Muhammad bin Thoha al-Munawwar menjadikan al-Muqorrobin semakin maju tidak hanya pengajian, tadarul qur’an akan tetapi ada majlis Istighotsah as-Syifa, maulid, santunan yatim piatu bahkan berdiri pondok pesantren Darul Muqorrobin.

Perjuangan al-Muqorrobin dalam mewujudkan masyarakat yang mempunyai akhlak yang baik bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan  telapak tangan. Proses dakwah dan bimbingan yang dilalui para Habib dan ulama mengalami pasang surut akan tetapi hal itu menjadikan motivasi dan keyakinan untuk mendakwahkan agama Islam dan mengenalkan masyarakat akan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Pengajian yang awalnya hanya  beberapa jamaah ini mulai mengalami perkembangan, hal ini terlihat dari jumlah jamaah yang semakin bertambah dari semua kalangan baik orang tua bahkan remaja  (Firdaus,  18 September 2016).

Pengasuh

  1. Habib Masyhur bin Muhammad bin Thoha al-Munawwar
  2. Habib Abdullah Farid bin Masyhur al-Munawwar
  3. Habib Fauzi Rizal bin Masyhur al-Munawwar
  4. Habib Muhammad Firdaus bin Masyhur al-Munawwar


Struktur Organisasi

Struktur kepengurusan Al-Muqorrobin Kabupaten Kendal sebagai berikut:

Penasehat : Habib Abdullah Farid al-Munawwar dan Habib Fauzi Rizal al-Munawwar

Pelindung : Habib Muhammad Firdaus al-Munawwar

Sekretaris : Iffah Syarifah

Bendahara: Ahmad Haidar Ali

Anggota : Seluruh jamaah al-Muqorrobin

Pengisi Pengajian :  Habib Muhammad Firdaus al-Munawwar
                                       (Iffah,17 September 2016).
 


Alamat

Pegulon, Kec. Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah