Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab Tentang Perempuan yang Tidak Menikah

 
Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab Tentang Perempuan yang Tidak Menikah

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan pandangan Prof. Habib Quraish Shihab tentang perempuan yang tidak menikah.

***

Apakah perempuan yang tidak menikah dalam kehidupan (dunia) ini akan memperoleh pasangan di akhirat, siapa yang dinikahinya?

Mahmudah, Guru, Jakarta

Pertama yang perlu diingat bahwa kehidupan di dunia tidak serupa dengan kehidupan di akhirat (surga). Di sana, misalnya, tidak ada lagi cemburu dan iri hati. QS. al Hijr (15): 47 menyatakan: "kami cabut/lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati ereka. Mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan.”

Penghuni surga juga berapapun tidak terlalu tinggi kedudukan mereka dibanding dengan yang lain tetapi mereka puas sehingga tidak ingin pindah ke tempat yang lebih tinggi (QS. al-Kahfi 18: 108), dan apa pun yang mereka inginkan mereka memperolehnya di sana.

QS. Fushshilat 41: 31 menyatakan kepada penghuni surga: “Di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) apa yang kamu minta.” Ini salah satu hakikat kehidupan di surga.

Jadi, apa pun yang diinginkan akan diperoleh, walaupun tentunya, karena semua sudah menyadari kedudukannya dan Allah telah memberi apa yang mereka inginkan, karena Dia Mahatahu, maka pada dasarnya tidak akan ada lagi permintaan.

Nah, perempuan yang tidak kawin -- kalau dia ingin kawin -- Allah menganugerahkan apa yang diinginkannya. Tetapi bisa jadi dia tidak perlu meminta lagi karena Allah telah memberinya. Nabi Saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menyiapkan di Hari Kiamat nanti untuk perempuan-perempuan pilihan, lelaki-lelaki pilihan,” (HR. Ahmad dan al-Hakim).

Dalam riwayat lain dinyatakan bahwa Nabi Saw. bersabda: “Demi Allah yang jiwaku berada dalam genggamannya, siapa pun perempuan selama beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, yang meninggal dunia sebelum menikah, kecuali Allah menikahkannya di surga dengan yang baik dari hamba-hamba-Nya” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, dan lain-lain). Demikian, wa Allah A'lam.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.