Khutbah Jumat: Memaknai Kematian

 
Khutbah Jumat: Memaknai Kematian
Sumber Gambar: Koleksi Laduni.ID

KHUTBAH PERTAMA

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ  أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ. الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ. أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ. (البقرة: ١٥٥-١٥٧(

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Mengawali khutbah ini khatib berwasiat kepada diri khatib pribadi dan kepada kita semua jama’ah untuk senantiasa berupaya meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dengan segenap keteguhan hati dan kemantapan jiwa, dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan dengan penuh ketabahan dan kesabaran serta menjaga kerukunan antar sesama umat manusia.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Baca juga: Khutbah Jumat: Memanfaatkan Kesempatan Pertama

Kematian bagi banyak orang merupakan sesuatu yang menakutkan. Segala hal yang berhubungan dengannya sebisa mungkin dihindari baik percakapan, diskusi atau pengkajian tentang kematian tersebut. Reaksi orang lain biasanya akan negatif ketika ada seseorang yang mencoba mengingatkan atau sekedar membicarakan tentang kematian. Reaksi tersebut bisa berupa ekspresi kaget, takut, cemas, cemooh bahkan marah. Kondisi umum ini terjadi di tengah-tengah masyarakat. Padahal kematian itu merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari semua makhluk hidup, termasuk manusia. Kematian itu sendiri termasuk dalam bagian mata rantai yang tak terpisahkan dengan kehidupan. Kehidupan dan kematian berada dalam suatu siklus yang menyertai kehidupan semua makhluk. Bukankah sesuatu itu ada karena kehadiran lawannya? Pria ada karena ada wanita. Sehat ada karena ada sakit. Orangtua ada karena ada anak. Suami ada karena ada isteri. Demikian juga kehidupan ada karena ada kematian.

Baca juga: Khutbah Jumat: Rahasia-Rahasia di Bulan Sya’ban

Keengganan untuk membicarakan kematian mungkin terkait dengan munculnya persepsi yang menakutkan tentang situasi setelah mati dalam pembicaraan tentang kematian. Semua akibat muncul karena ada sebab. Persepsi itu muncul, tidak terlepas dari penggambaran kematian yang negatif. Meskipun penjelasan objektif tentang kematian baik hal yang positif maupun negatif sudah diurai dalam kitab suci, buku agama dan para pemuka agama, kematian lebih sering diwujudkan sebagai situasi yang menyeramkan, menyedihkan dan mengkhawatirkan. Perwujudannya bisa dilihat dalam bentuk tempat pemakaman umum yang cenderung menyeramkan, walauapun ada juga tempat pemakaman umum yang ditata dengan rapi dan jauh dari kesan menyeramkan. Selain itu cerita-cerita horor tentang arwah gentayangan jika mati tidak secara wajar, penampakan hantu dan sebagainya kayaknya sangat familiar di masyarakat Indonesia.

Ketakutan biasanya berhubungan dengan rasa gelisah yang muncul sebagai reaksi kekhawatiran akan tertimpa sesuatu yang menghancurkan, membahayakan atau menyakitkan. Segala sesuatu yang menurut seseorang akan merugikan, menghancurkan, membahayakan dan menyakitkan tentu akan membuatnya takut. Demikian juga dengan kematian. Bayang-bayang adanya kerugian, kehancuran, kesakitan dan bahaya yang mengiringinya membuat kematian menjadi sesuatu yang menakutkan. Ternyata ketakutan terhadap kematian ini juga berkaitan dengan bagaimana seseorang memaknai kematian. Jika pemaknaan terhadap kematian ini mempunyai konsekuensi negatif bagi individu, maka sangat mungkin dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam bentuk ketakutan terhadap kematian.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Pemaknaan terhadap kematian akan mempengaruhi bagaimana seseorang memaknai hidupnya dan pada akhirnya berpengaruh terhadap bagaimana menjalani hidup di dunia. Menurut Komaruddin Hidayat (2005) sedikitnya ada dua mazhab dalam masalah kematian ini. Pertama, sebut saja mazhab religius, yaitu mereka menjadikan agama sebagai rujukan bahwa keabadian setelah mati itu ada dan untuk memperoleh kebahagiaan abadi tersebut, seseorang yang religius menjadikan kehidupan akhirat sebagai objek dan target paling tinggi dalam hidupnya. Kehidupan dunia bukanlah tujuan akhir dari kehidupan. Apapun yang dilakukan di dunia dimaksudkan sebagai tabungan kejayaan di akhirat. Bagi mereka yang beriman, keabadian hidup akan selalu dikaitkan dengan janji Tuhan akan balasan di akhirat, sehingga mendorong untuk selalu berbuat baik dan menjalani hidup dengan optimis serta positif.

Baca juga: Khutbah Jumat: Akan Datang Hari Mulut Dikunci

Kedua, adalah mazhab sekuler yang tidak peduli dan tidak yakin akan adanya kehidupan setelah mati. Mereka tidak mempedulikan kehidupan akhirat dan mereka senantiasa menjadikan hidup ini sebagai sarana agar mereka bisa abadi dan dikenang sepanjang masa. Mereka berusaha meninggalkan nama baik agar dikenang sejarah. Banyak para dermawan membangun berbagai sarana pendidikan atau ibadah agar namanya tetap hidup. Sebaliknya ada juga di antara mereka yang kemudian menjadi pemuja hedonisme. Mereka beranggapan selagi mereka masih hidup di dunia, maka nikmatilah sepuas-puasnya tanpa peduli dengan adanya hari pengadilan di akhirat kelak.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Kesadaran akan kematian biasanya muncul secara tidak sengaja dan dalam situasi-situasi tertentu. Kita biasanya akan ingat mati, manakala ada di antara keluarga, saudara, teman atau tetangga kita yang meninggal; atau di saat secara tidak sengaja melihat iring-iringan jenazah; atau mungkin saat melintasi tempat atau prosesi pemakaman; atau saat kita menjenguk seseorang yang sakit parah. Tetapi, seberapa lama kita dapat mempertahankan kesadaran akan kematian tersebut? Biasanya segera setelah kita menyaksikan itu semua, sesegera itu pula kita kembali lupa dengan kematian.

Setiap tarikan nafas kita pada hakekatnya adalah semakin mendekatkan pada kubur kita. Perjalananan kehidupan yang kita lewati tanpa memberi makna pada akibatnya justru akan menyebabkan munculnya ketakutan yang besar pada kematian. Bagaimana seseorang memaknai suatu kematian, akan sangat ditentukan oleh bagaimana mereka memaknai hidupnya.

Bukankah Allah SWT telah berfirman,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ -٥٧-

Artinya “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.” (QS. Al Ankabut 29:57).

Firman ini jelas menunjukkan kepada kita bahwa semua makhluk hidup, baik hewan, tumbuhan maupun manusia akan mati. Kematian yang merupakan sebuah keniscayaan justru seringkali menjadi suatu yang dipikirkan dengan sambil lalu, atau bahkan tidak pernah terpikirkan sama sekali. Mereka seringkali hanya berpikiran here and now (disini dan saat ini).  Apa yang bisa kita lakukan saat ini, lakukanlah sebebas-bebasnya. Kematian adalah masa depan. Maka bagaimana nanti saja. Mungkin demikian pikiran dari kebanyakan manusia.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Seringkali mereka berpikir “Bagaimana nanti”, bukannya “Nanti bagaimana?”. Ketika kita berpikir “Bagaimana nanti”, maka cenderung mengabaikan masa depan termasuk  kematian. Fokus utamanya adalah pada hal-hal yang sifatnya duniawi bagaimana mempunyai uang sebanyak-banyaknya, rumah yang besar, jabatan yang tinggi, keluarga yang bahagia, dan sebagainya. Ketika ditanyakan kepada mereka tentang kematian, maka buru-buru mereka mengalihkan pembicaraan, menutup rapat telinga mereka, marah dan berbagai reaksi negatif lainnya. Kematian dianggap hanya milik mereka yang berusia lanjut, sakit-sakitan dan orang susah. Mereka lupa bahwa semua dari kita tidak akan bisa lari dari kematian.

 Allah menegaskan hal ini dalam firmanNya,

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ -٨-

Artinya”Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al Jumu'ah 62:8).

Itulah firman Allah yang mengabarkan bahwa sehebat apapun seseorang, sekuat apapun kekuasannya, sebanyak apapun pengawalnya, sekuat apapun benteng pertahanannya, kematian tidak akan pilih kasih, sungguh kematian akan menjumpai semua yang bernyawa.

Lain halnya jika kita mencoba berpikir “Nanti bagaimana?”, maka kita mempersiapkan segala sesuatu untuk masa depan yang bahagia, termasuk kematian dan kehidupan di akherat kelak. Pemikiran ini selalu mengingatkan kita bahwa kehidupan dunia bukanlah abadi. Kehidupan ini sifatnya fana, sementara. Segala kenikmatan dan kebahagiaan yang dialami di dunia hanyalah sementara. Ada satu kehidupan lain yang lebih abadi, dimana segalanya abadi baik kenikmatan maupun siksaan. Kehidupan abadi itulah yang disebut alam akherat. Dan kubur kita adalah pintu menuju alam keabadian itu.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Kehidupan dunia ini ibarat “Mampir ngombe” (singgah untuk minum dan istirahat sebentar). Inilah filsafat Jawa yang sarat makna. Di dunia ini kita hanyalah sekedar singgah untuk beristirahat sejenak, biar kita siap untuk meneruskan perjalanan yang lebih panjang lagi. Biar perjalanan kita lancar dan tidak banyak hambatan, maka kita harus mempersiapkan bekal sebanyak-banyaknya. Dan sebaik-baiknya bekal adalah iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan pemahaman seperti ini, maka kematian hanyalah suatu peristiwa pindah tempat tinggal dari alam dunia ke alam barzah. Sesungguhnya antara kehidupan dan kematian itu letaknya berdampingan dan hanya dipisahkan oleh satu pintu.

Maka ingatlah mati,ketika tangan tangan para kekasih mengusung kita dan menurunkan tubuh kita kedalam lahat dengan airmata kesedihan, tahukah keadaan kita? Seluruh tali pengikat kafan dibuka, lalu wajah dibuka dari kafan. Tubuh ditaruh dalam posisi miring menghadap ke kanan yaitu kiblat, lalu punggung kita diganjal bola-bola tanah agar tubuh tidak terlentang lagi, yaitu tetap miring menghadap kiblat, dan wajah kita ditempelkan ke dinding kubur, agar terus wajah kita mencium tanah dinding kubur yangg lembab itu. Lalu kayu kayu papan ditaruhkan diatas tubuh kita bersandarkan dinding kubur, menutup seluruh tubuh kita agar tanah tidak langsung menimpa tubuh, lalu tanah mulai ditumpahkan diatas tubuh kita.Setelah itu kita sendiri disana, dalam kesempitan dan kegelapan, panas,  gelap dan sendiri. Bukan sebulan atau dua bulan, tapi bisa ratusan tahun atau ribuan tahun sendiri..

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Selama bulan-bulan atau tahun-tahun pertama, kuburan kita sering dikunjungi. Seiring dengan berlalunya waktu, hanya sedikit orang yang datang. Beberapa tahun kemudian, tidak seorang pun yang datang mengunjungi. Sementara itu, keluarga dekat akan mengalami kehidupan yang berbeda yang disebabkan oleh kematian kita. Di rumah, ruang dan tempat tidur kita akan kosong. Setelah pemakaman, sebagian barang-barang milik kita akan disimpan di rumah: baju, sepatu, dan lain-lain yang dulu menjadi milik kita akan diberikan kepada mereka yang memerlukannya. Berkas-berkas kita di kantor akan dibuang atau diarsipkan. Selama tahun-tahun pertama, beberapa orang masih berkabung akan kepergian kita. Namun, waktu akan mempengaruhi ingatan-ingatan mereka terhadap masa lalu. Empat atau lima dasawarsa kemudian, hanya sedikit orang saja yang masih mengenang kita.

Sementara semua hal ini terjadi di dunia, jenazah yang ditimbun tanah akan mengalami proses pembusukan yang cepat. Segera setelah kita dimakamkan, maka bakteri-bakteri dan serangga-serangga berkembang biak pada mayat tersebut; hal tersebut terjadi dikarenakan ketiadaan oksigen. Gas yang dilepaskan oleh jasad renik ini mengakibatkan tubuh jenazah menggembung, mulai dari daerah perut, yang mengubah bentuk dan rupanya. Buih-buih darah akan meletup dari mulut dan hidung dikarenakan tekanan gas yang terjadi di sekitar diafragma.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Selagi proses ini berlangsung, rambut, kuku, tapak kaki, dan tangan akan terlepas. Seiring dengan terjadinya perubahan di luar tubuh, organ tubuh bagian dalam seperti paru-paru, jantung dan hati juga membusuk. Sementara itu, pemandangan yang paling mengerikan terjadi di sekitar perut, ketika kulit tidak dapat lagi menahan tekanan gas dan tiba-tiba pecah, menyebarkan bau menjijikkan yang tak tertahankan. Mulai dari tengkorak, otot-otot akan terlepas dari tempatnya. Kulit dan jaringan lembut lainnya akan tercerai berai. Otak juga akan membusuk dan tampak seperti tanah liat. Semua proses ini berlangsung sehingga seluruh tubuh menjadi kerangka.

Tidak ada kesempatan untuk kembali kepada kehidupan yang sebelumnya. Tidak bsia berkumpul bersama keluarga, bersosialisasi atau menduduki jabatan yang terhormat. Tak bisa berhubungan dengan siapapun, tak bisa bergerak kemana mana, tak ada pemandangan, tak ada warna, yang ada hanya kegelapan dan kegelapan, menunggu dan menunggu. Ribuan tahun menunggu sidang akbar pertanggungan jawab. Harap-harap cemas diselingi putus asa dan penyesalan. Itulah yang terus menghantui kita kelak di liang lahat.

Ketika mengingat ini maka leburlah segala kekerasan hati, hatipun mencair, dan jiwa terpanggil untuk sujud sambil menangis, mengadu pada Allah, karena hanya Dialah yang melihat keadaan kita saat itu. Hanya Dialah yang ada saat itu. Untuk inilah kita shalat dan ibadah, agar Dia SWT tak melupakan kita saat itu dan mengasihani kita yang telah terbujur kaku didalam tanah lembab ribuan tahun..

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Ingatlah, bahwa cinta makhluk akan fana, namun cinta Allah SWT akan abadi dan suci. Dialah Yang Maha Mencintai kita sebelum kita lahir, dan Maha Mencintai kita saat kita di dunia, dan menawarkan cinta Nya padakita sepanjang umur kita, agar kita bisa mendapatkan cinta-Nya yang abadi. Terimalah lamaran cinta-Nya SWT. Sujud dan sucikanlah nama-Nya SWT untuk memuji cinta-Nya Yang Maha Luhur kepada kita. Jika itu bisa kita lakukan, Insya Allah kebahagiaan akan bersama kita, dunia dan akhirat.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Demikianlah khotbah singkat kali ini, semoga hal ini dapat menjadi bahan renungan yang mendalam, bagi kita semua amin.

بارَكَ اللهُ لِي ولَكُمْ فِي الْقُرْءانِ الْعَظِيمِ  ونَفَعَنِي وإِيَّاكُمْ مِنَ الْآياتِ  وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ أَقُلُ قَوْلِي  هذا وَأَسْتَغفِرُ اللهَ لِيْ ولَكُمْ ولِجَمِيعِ الْمٌسلِمِين فاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّه تعالى جَوادٌ كَرِيمٌ مَلِكُ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَحِيمٌ.

KHUTBAH 2

سَيِّدُ الْإِنْسِ والْبَشَرِ.اللَّهمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ على سيِّدِنا على عَبْدِكَ  ورَسُولِك محمَّدٍ وآلِه وصَحْبِه مَااتَّصَلَتْ عَينٌ بِنَظَرٍ وأُذُنٌ بِخَبَرٍ. ( أمّا بعدُ ) فيَآايُّهاالنّاسُ اتَّقُوا اللهَ تعالى وَذَرُوا الْفَواحِشَ ما ظهَرَ مِنْها وما بَطَنَ وحافَظُوا على الطَّاعَةِ وَحُضُورِ الْجُمُعَةِ والجَماعَةِ . وَاعْلَمُوا  أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ  فِيه بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلائكةِ قُدْسِهِ. فَقالَ تعالى ولَمْ يَزَلْ قائِلاً عَلِيمًا: إِنَّ اللهَ وَملائكتَهُ يُصَلُّونَ على النَّبِيِّ يَآ أَيّها الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا اللَّهمَّ صَلِّ وسَلِّمْ على سيِّدِنا محمَّدٍ وعلى آلِ سيِدِنَا محمَّدٍ  كَما صَلَّيْتَ على سيِّدِنا إِبراهِيمَ وعلى آلِ سيِّدِنَا إِبراهِيمَ في الْعالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللَّهمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاء الرّاشِدِينَ الَّذينَ قَضَوْا بِالْحَقِّ وَكانُوا بِهِ يَعْدِلُونَ أَبي بَكْرٍ وعُمرَ وعُثْمانَ وعلِيٍّ وَعَنِ السَتَّةِ الْمُتَمِّمِينَ لِلْعَشْرَةِ الْكِرامِ وعَنْ سائِرِ أَصْحابِ نَبِيِّكَ أَجْمَعينَ وَعَنِ التَّابِعِينَ وتَابِعِي التَّابِعِينَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسانٍ إِلَى يَومِ الدِّينِ. اللَّهمَّ لا تَجْعَلْ لِأَحَدٍ مِنْهُمْ فِي عُنُقِنَا ظَلَامَة ونَجِّنَا بِحُبِّهِمْ مِنْ أَهْوالِ يَومِ الْقِيامَةِ. اللَّهمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ والمُسلمينَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ والمُشْركِينَ. ودَمِّرْ أَعْداءَ الدِّينِ. اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنا. وَاجْعَلِ اللَّهمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ  اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنا. وَاجْعَلِ اللَّهمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ

DOA KHUTBAH

اللَّهمَّ اغْفِرْ لِلمُسلِمينَ والمُسلماتِ والمُؤْمنينَ والمُؤْمِناتِ الْأَحْياءِ مِنْهُمْ والْأَمْواتِ بِرَحْمَتِكَ يَا وَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ. اللَّهمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ والوَباءَ والزِّنا والزَّلَازِلَ وَالمِحَنَ وَسُوءَ الفِتَنِ ما ظَهَرَ مِنْها وما بَطَنَ عَنْ بَلَدِنا هَذا خاصَّةً وعَنْ سائِرِ بِلَادِ الْمُسلمينَ عامَّةً يا رَبَّ الْعَالَمِينَ.رَبَّنا آتِنا في الدّنيا حَسَنَةً وَفي الآخرة حَسَنَةً  وقِنَا عَذَابَ النَّارِ. عِبادَ اللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ والْإِحْسان وإِيتاءَ ذِي الْقُرْبَى  ويَنْهَى عَنِ الْفَحْشاءِ والْمُنْكَرِوَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ أَكْبَرُ.