Bersepakat dan Berselisihlah Sesuai Proporsinya

 
Bersepakat dan Berselisihlah Sesuai Proporsinya
Sumber Gambar: sendiko.net

Laduni.ID, Jakarta – Salah satu kewajiban yang harus menjadi tujuan utama pendakwah islam dan orang-orang yang punya perhatian, kepedulian terhadap islam ialah mengajak untuk bersatu, rukun, kompak, menyatukan barisan umat islam, mengajak untuk menghindari perselisihan dan perpecahan.

Semua tindakan atau ucapan yang merusak kekompakan umat islam atau memecah belah persatuan umat islam, menimbulkan saling benci diantara umat islam, kesemuanya akan melemahkan umat islam dari sisi agama atau urusan dunianya. Tidak ada agama sebagaimana islam, yang mengajak persaudaraan yang tergambarkan dalam sikap bersatu, saling menanggung dalam suka dan duka, saling mencintai dan tolong-menolong. Dan tidak ada agama yang bisa menyamai agama islam dalam hal selalu mengingatkan dan selalu waspada dari perpecahan, perselisihan, dan saling bermusuhan. Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur'an serta Hadis yang memerintahkan dan menekankan hal diatas. Allah Ta'ala berfirman:

ولا تكونوا كالذين تفرقوا واختلفوا من بعد ما جائهم البينات، وأوليك لهم عذاب عظيم

Artinya: "Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat." (QS. Ali 'Imran: 105)

إنما المؤمنون إخوة فأصلحوا بين أخويكم واتقوا الله لعلكم ترحمون

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN