Amalan agar Mudah Bisa Naik Haji

 
Amalan agar Mudah Bisa Naik Haji
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai rukun Islam yang kelima, ibadah haji selalu didambakan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Tidak ada satu pun seorang Muslim yang enggan pergi menunaikan ibadah haji. Namun tidak semua Muslim mampu untuk berhaji, sebab selain membutuhkan biaya, juga diperlukan kesiapan fisik dan rohani.

Meski demikian, tidak sedikit orang yang mampu berhaji tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Selain melakukan ikhtiar jasmani, ada orang yang juga melakukan ikhtiar batin, memohon kepada Allah agar bisa diberangkatkan haji.

KH. Muhammad Husni Amiruddin pernah berkata, bahwa guru beliau, KH. Zaini Mun’im, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid pernah memberikan sebuah doa yang sangat mujarab terkait dengan haji.

Beliau berkata, “Sengko' ngamallagi dua' rèya pas bede orèng aberri' kutum hajji sè sampè' satèya ngko' ta' taoh sapah sè ngungkosin,” (Berkat amalan doa ini saya pernah memperoleh kutum haji, sedang saya hingga saat ini tidak tahu siapa yang bayari ONH saya).

Dikisahkan juga bahwa KH. Zaini Mun’im menerima doa tersebut dari guru beliau, yakni KH. Muhammad Khalil ibn Abdul Latif, Bangkalan atau yang akrab dikenal Syaikhona Kholil. Dengan demikian, sanad dari ijazah ini jelas bersambung dengan orang-orang sholeh yang merupakan kekasih Allah yang tentu doanya tak diragukan sama sekali mustajabnya. Berikut doanya:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN