Amalan Supaya Panjang Umur

 
Amalan Supaya Panjang Umur
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Panjang umur merupakan karunia dari Allah yang diharapkan oleh setiap insan. Untuk memperoleh umur yang panjang, Islam mengajarkan beberapa amalan yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah menjaga hubungan silaturahim dengan keluarga, tetangga, dan sesama manusia secara umum. Allah SWT berfirman:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ (٢١)

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS. Ar-Rum: 21)

Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama manusia sebagai salah satu kunci mendapatkan umur yang panjang.

Kisah-kisah para salaf asshalih yang telah membuktikan amalan-amalan tersebut salah satunya adalah kisah tentang pertemuan khalifah Sulaiman bin ‘Abdul ‘Aziz dengan salah seorang Arab Badui di masjid Damaskus.

Ketika Khalifah Sulaiman bin ‘Abdul Aziz ingin melaksanakan shalat di masjid Damaskus. Saat akan memasuki masjid, ia bertemu dengan salah seorang arab badui yang sudah berumur sangat tua.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN