Nasehat Imam Asy-Syafi’i kepada Muridnya Imam Al-Muzani Rahimahumallah

 
Nasehat Imam Asy-Syafi’i kepada Muridnya Imam Al-Muzani Rahimahumallah
Sumber Gambar: foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Al-Imam Al-'Allamah Al-Faqih Al-Millah 'Alam Az-Zahad Abu Ibrahim Isma'il ibn Yahya Al-Muzani Asy-Syafi'i atau Imam Al-Muzani rahimahullah bercerita :

“Aku menemui Imam Asy-Syafi’i, menjelang beliau wafat, lalu kubertanya : “Bagaimana keadaanmu pada pagi ini, Wahai Guruku ?”

Beliau menjawab : “Pagi ini, aku akan melakukan perjalanan meninggalkan dunia, akan berpisah dengan kawan-kawanku, akan meneguk gelas kematian, akan menghadap kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan akan menjumpai kejelekan amalanku. Aku tidak tahu : apakah diriku berjalan ke surga sehingga aku memberinya ucapan kegembiraan, atau berjalan ke neraka sehingga aku menghibur kesedihannya.”

Aku berkata : “Nasihatilah aku.”

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berpesan kepadaku : “Bertakwalah kepada Allah subhanahu wa ta'ala, permisalkanlah akhirat dalam hatimu, jadikanlah kematian antara kedua matamu, dan janganlah lupa bahwa engkau akan berdiri di hadapan Allah subhanahu wa ta'ala. Takutlah terhadap Allah ‘Azza wa Jalla, jauhilah segalah hal yang Dia haramkan, laksanakanlah segala perkara yang Dia wajibkan, dan hendaknya engkau bersama Allah, di manapun engkau berada. Janganlah sekali-kali engkau menganggap kecil nikmat Allah kepadamu (walaupun nikmat itu sedikit) dan balaslah dengan selalu bersyukur. Jadikanlah diammu sebagai tafakkur, pembicaraanmu sebagai dzikir, dan pandanganmu sebagai pelajaran. Maafkanlah orang yang mendhalimimu, sambunglah (silaturrahmi dari) orang yang memutus silaturahmi terhadapmu, berbuat baiklah kepada siapapun yang berbuat jelek kepadamu, bersabarlah terhadap segala musibah, dan berlindunglah kepada Allah subhanahu wa ta'ala dari api neraka dengan ketakwaan.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN