Thaharah (Bersuci)

 

Rukun Wudhu yang Wajib Diketahui Seorang Muslim

Dalam fikih madzhab Syafi’i ditetapkan ada enam hal yang menjadi rukun wudhu. Sebagaimana disebutkan Syekh Salim bin Sumair Al-Hadhrami dalam kitabnya Safinatun Naja.

Hukum Menyentuh Lawan Jenis Sesudah Wudhu

Secara umum, para ulama sepakat bahwa bersentuhan antara kulit laki-laki dan perempuan yang sudah dewasa dan tanpa penghalang bukan mahram dapat membatalkan wudhu. Hal ini berdasarkan Al-Qur’an surat A-Maidah ayat 6.

Hukum Makan Setelah Wudhu

Wudhu atau bersuci merupakan salah satu sahnya shalat baik itu shalat sunnah maupun shalat wajib. Wudhu hanya dapat menghilangkan hadas kecil sedangkan untuk hadas besar harus dengan mandi wajib

Lima Perkara yang Membatalkan Wudhu

Wudhu adalah sarana bagi umat muslim untuk mensucikan tubuh dari hadas kecil dengan menggunakan air. Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan ibadah seperti shalat

Batasan Umur Anak yang Membatalkan Wudhu ketika Disentuh

Dalam kaidah fikih, bersentuhan kulit antara dua orang lawan jenis yang bukan mahram merupakan salah satu sebab batalnya wudhu. Jika hal ini terjadi, seseorang wajib mengulang wudhunya apabila hendak sholat

Hukum Berdoa di Kamar Mandi Setelah Berwudhu

di antara adab seseorang yang berada di kamar mandi adalah tidak boleh berbicara, seperti berdzikir ataupun berbicara yang tidak baik. Berbicara seperti menelpon atau bercakap-cakap dengan orang yang ada di luar kamar mandi itu dilarang dalam syariat Islam.

Hukum Mandi Telanjang Suami Isti

Mandi bersama antara sepasang suami istri itu hukumnya boleh. Imam Nawawi, Imam Thohawi dan Imam Qurthubi menyatakan bahwa hukum ini telah disepakati oleh semua ulama' (ijma').

Enam Sebab Orang Islam Diwajibkan Mandi Junub

Mandi wajib atau mandi junub adalah kewajiban seorang muslim untuk membersihkan diri dari hadas besar. Mandi wajib merupakan ritual yang wajib dilakukan jika terjadi beberapa hal, di antaranya keluar air mani, bertemunya dua kemaluan walau tidak keluar air mani, dan berhentinya darah haid dan nifas.

Tata Cara Mandi Junub bagi Perempuan

Situasi atau kondisi seseorang diwajibkan untuk mandi junub adalah ketika keluarnya air mani dari organ intim laki-laki atau perempuan, baik secara sengaja atau tidak. Selain itu berjimak atau berhubungan badan meskipun tidak mengeluarkan mani.

Jumlah Volume Air untuk Mandi Wajib dan Wudhu

Umat muslim yang sudah dewasa atau baligh diwajibkan untuk melaksanakan mandi wajib atau junub apabila memiliki hadas besar. Hal ini sebagaimana yang telah tertuang dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 43.

Menampilkan 11 - 20 dari 52 Thaharah (Bersuci)