Yoghurt Salah Satu Makanan Berbuka yang Aman bagi Penderita Diabetes

 
Yoghurt Salah Satu Makanan Berbuka yang Aman bagi Penderita Diabetes

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, sangat penting bagi para penderita diabetes mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi selama bulan puasa karena dapat membuat kenyang lebih lama sekaligus menjaga gula darah tetap normal. Salah satu makanan tersebut ialah yoghurt. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai makanan probiotik yang memiliki bakteri baik dan dapat memperlancar metabolisme. Tak hanya itu, kinerja usus pun membaik sehingga puasa tetap aman selama 12 jam karena bakteri yang tidak mencerna makanan.

Selain itu, Yoghurt juga memiliki kalsium yang tinggi, meskipun bentuknya lebih kental dibandingkan susu, namun yoghurt masih termasuk ke dalam produk susu sehingga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Zat ini baik untuk tulang dan gigi. Kemudian yoghurt juga kaya akan protein dan vitamin, salah satunya vitamin B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf dan mata.

Namun perlu diingat, walaupun yoghurt sangat baik bagi tubuh, para penderita diabetes sebaiknya tidak boleh asal memilih jenis yoghurt karena biasanya produk olahan sudah bercampur dengan gula yang tinggi sehingga bisa berujung pada komplikasi. Pilihlah yoghurt rendah lemak atau murni tanpa varian rasa. Kandungan lemak jenuh pada minuman ini dapat berbahaya bagi tubuh.

Berdasarkan Department of Agriculture batasan konsumsi yoghurt dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari 1 cangkir. Anda pun dapat menambahkan buah-buahan segar seperti pisang, apel, dan kurma sampai granola ke dalam yoghurt untuk menghilangkan rasa hambar.