3 Pendiri Perusahaan Teknologi Besar Mantan Pekerja Apple

 
3 Pendiri Perusahaan Teknologi Besar Mantan Pekerja Apple

Sudah tidak asing di telinga orang-orang seluruh dunia termasuk indonesia kata Applea dalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch, pembesut komputer yang dulunya berkantor di garasi rumah, kini menjadi sebuah perusahaan teknologi paling terkenal di dunia.

Bekerja di Apple pun jadi cita-cita banyak lulusan jurusan IT di seluruh dunia. Kendati begitu, di perusahaan, lumrah rasanya saat karyawan mengundurkan diri dan pindah ke kantor lain atau mendirikan perusahaan sendiri.

Nah, berikut adalah tiga perusahaan sukses yang didirikan oleh eks karyawan Apple apa saja?

1. Android

Android merupakan sistem operasi yang kini paling banyak dipakai di smartphone.

Anroid didirikan oleh mantan engineer Apple Andy Rubin. Saking suksesnya, Andy Rubin sampai dijuluki bapak Android.

Dijelaskan The New York Times, Rubin bekerja untuk Apple sejak 1989 hingga 1992.

Rubin terlibat dalam beberapa perusahaan inovatif yang berbeda sebelum akhirnya mendirikan Android Inc. di tahun 2003.

Karena kesuksesannya, Android diakuisisi Google pada 2005 dan kini menjadi OS terbesar di dunia. Menurut IDC, OS Android kini dipakai di 85 persen perangkat smartphone dunia.

 

2. Path

Path mungkin sudah tidak se-booming dulu. Namun tahukan kamu kalau Path juga didirikan oleh seorang mantan karyawan Apple, yakni Dave Morin?

Ya, sebelumnya Morin bekerja di Apple dari 2004 hingga 2006. Ia menangani divisi produk dan pemasaran.

Setelah hengkang dari Apple Morin menghabiskan waktu 3 tahun untuk bekerja di Facebook, hingga akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang kini menjadi cukup terkenal di Indonesia.

 

3. Flipboard

Flipboard didirikan oleh Evan Doll. Dia juga seorang eks karyawan Apple yang berposisi sebagai software engineer iPhone.

Setelah resign dari Apple, dia mendirikan Flipboard pada tahun 2009, aplikasi ini cukup sukses karena desainnya yang menawan dan bahkan Apple sempat memilih Flipboard sebagai "App iPad of the Year" pada 2010 silam.

Aplikasi yang tersedia di platform Android, Windows, dan iOS ini merupakan majalah digital yang dipenuhi dengan hal-hal yang menarik dari berbagai dunia.