Bukan Hanya Amerika, Ini 8 Negara yang Juga Gunakan Mata Uang Dollar

 
Bukan Hanya Amerika, Ini 8 Negara yang Juga Gunakan Mata Uang Dollar

LADUNI.ID, Jakarta – Selain memiliki reputasi baik dalma politik internasional, Amerika Serikat (AS) juga dikenal sebagai Negara yang Berjaya dalam dunia ekonomi. Tak heran jika kemudian AS dijuluki sebagai negara adijaya dan adikuasa. Begitu pula mata uang dollar, tidak hanya digunakan negara asalnya saja. Melain kabarnya semau negara di dunia menyimpan cadangan devisa dalam bentuk dolar.

Sehingga, dollar tidak hanya digunakan di AS, melainkan terdapat 9 negara yang menggunakan dollar sebagai mata uang, seperti yang dilansir pada Conde Nast Traveler di bawah ini.

1. Kamboja

Saat baru saja menginjakkan kaki di bandara Kamboja, visa turis dibayarkan dalam bentuk dollar. Meksipun begitu, mata uang riel tetap digunakan untuk kehidupan sehari-hari, misal membayar tip.

2. Bahama

Meskipun sama-sama menggunakan dollar, namun Bahama memiliki mata uang tersendiri, yaitu dollar Bahama.

3. Zimbabwe

Pada 2009, Zimbabwe beralih ke sistem multi mata uang untuk menerima dollar.

4. Turks dan Caicos

Meskipun Turks dan Caicos merupakan teritorial luar negeri Inggris, namun pulau-pulau tersebut menggunakan mata uang dollar AS. Oleh sebab itu, siapkan dollar AS untuk membayar tip pemandu selam ataupun untuk membeli makanan saat liburan di sana.

5. El Salvador

El Salvador dikenal dengan ombak pantainya yang layak dikunjungi peselancar dunia, salah satunya yang berasal dari Amerika Serikat. Satu lagi alasan El Savador menjadi sangat populer adalah karena peselancar AS dapat datang ke El Savador hanya dengan membawa uang (dollar AS) dan papan selancar.

6. British Virgin Islands

British Virgin Islands bagaikan berada di perbatasan Amerika Serikat dan Inggris Raya dengan dibatasi air berwarna biru kehijauan. Jaraknya yang lebih dekat ke Amerika Serikat membuat pulau ini menggunakan dollar AS sebagai mata uang.

7. Panama

Panama telah menggunakan dollar AS sejak 1904, ketika mendapat kemerdekaannya dari Kolombia.

8. Ekuador

Quito, ibu kota Ekuador yang bergunung-gunung, menjadi seperti Lima, ibu kota Peru, Amerika Selatan. Uniknya, Quito memiliki deretan restoran seafood yang menggunakan mata uang dollar AS.