Komunikasi Massa, Pentingkah?

 
Komunikasi Massa, Pentingkah?

LADUNI.ID, KOLOM- Dalam komunikasi sangat penting suatu pendekatan yang digunakan dapat merenggangkan kelompok lainnya. Seorang komunikator yang mahir menggunakan media massa adalah seseorang yang berhasil menggunakan metode yang tepat untuk menyiarkan pesannya guna menciptakan empati dengan komunikan dalam jumlah yang banyak.

Dalam operasionalisasi komunikasi yang menggunakan media massa, biasanya memerlukan organisasi resmi dan rumit. Paling tidak terdapat dua tugas pokok komunikator dalam komunikasi massa, pertama, mengetahui apa yang ia ingin komunikasikan; dan kedua, mengetahui bagaimana ia harus menyampaikan pesannya dalam rangka melancarkan penetrasi kepada benak komunikan.

 Sebuah  pesan yang isinya lemah dan dengan lemah pula disampaikan kepada jutaan orang, bisa menimbulkan pengaruh yang kurng efektif sama sekali dibandingkan dengan pesan yang disampaikan dengan baik kepada komunikan yang jumlahnya kecil.

Sedangkan, politik seperti komunikasi adalah proses dan seperti komunikasi politik melibatkan pembicaraan. Ini bukan pembicaraan dalam arti sempit seperti kata yang diucapkan, melainkan pembicaraan yang lebih inklusif, yang berarti segala cara orang bertukar symbol, kata-kata yang dituliskan dan diucapkan, gambar, gerakan, sikap tubuh, perangai dan pakaian.

Ilmuwan politik Mark Roelofs menyatakan dengan cara sederhana, “ Politik adalah pembicaraan, atau lebih tepat kegiatan politik (berpolitik) adalah berbicara. “ ia menekankan bahwa politik tidak hanya pembicaraan, juga tidak semua pembicaraan adalah politik. Akan tetapi hakekat pengalaman politik dan bukan kondisi dasarnya, ialah bahwa kegiatan berkomunikasi antara orang-orang.

Tentunya dengan hadirnya media massa sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan terutama mengenai politik akan mempermudahkan kepada setiap komunikator politik dalam menyampaikan dan memperkenalkan siapa dirinya kepada  khalayak

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Aceh

 

Sumber: Marzuki, Pemanfaatan Media Massa Dalam Komunikasi Politik Islam, 2016