Tarbiyah Merupakan Proses Perbaikan Kebaikan

 
Tarbiyah Merupakan Proses Perbaikan Kebaikan

LADUNI.ID, KOLOM-Sebagian ulama telah menjelaskan bahwa kata tarbiyah  berasal dari tiga kata, yaitu pertama dari kata rabba, yarbu yang berarti bertambah dan bertumbuh, karena pendidikan mengandung misi untuk menambah bekal pengetahuan kepada anak didik dan menumbuhkan potensi yang dimilikinya. Kedua, dari kata rabiya, yarba yang berarti menjadi besar, karena pendidikannya juga mengandung arti untuk membesarkan jiwa dan memperluas wawasan seseorang, dan ketiga dari kata rabba yarubbu yang berarti memperbaiki, menguasai urusan, menuntun, menjaga dan memelihara sebagaimana telah dijelaskan diatas.(Abuddin Nata : 2005:7).

Berdasarkan dari penjelasan diatas, dapat diambil beberapa kesimpulan pokok untuk memahamai makna pendidikan, sebagai berikut: Pertama, pendidikan adalah proses yang mempunyai tujuan, sarana dan obyek. Kedua, secara mutlak pendidikan yang sebenarnya hanyalah Allah, pencipta fitrah dan pemberi berbagai potensi dialah yang memberlakukan hukum dan tahapan perkembangan serta interaksinya, dan hukum-hukum untuk mewujudkan kesempurnaan, kebaikan serta kebahagiaan.

Ketiga, pendidikan menurut adanya langkah-langkah yang secara bertahap harus dilalui oleh berbagai kegiatan pendidikan dan pengajar, sesuai dengan urutan yang disusun secra sistematis. Anak didik melakukan kegiatan tersebut fase demi fase.

Keempat, kerja pendidikan harus mengikuti aturan penciptanya dan pengadaan yang dilakukan Allah sebagaimana harus mengikuti syara’ dan agama Allah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN