Memperhatikan Sepuluh Perkara yang Membatalkan Puasa

 
Memperhatikan Sepuluh Perkara yang Membatalkan Puasa
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Di dalamnya terkandung banyak hikmah dan kemuliaan. Dan tujuan dari pusa yang diwajibkan itu adalah meningkatnya ketakwaan untuk selanjutnya menjadi manusia yang bersyukur.

Sebagaimana ibadah wajib lainnya, puasa Ramadhan juga ada syarat dan rukunnya, serta ada perkara-perkara yang dapat membatalkannya. Agar puasa yang dilakukan itu sah dan diterima Allah SWT, maka syarat dan rukunnya harus terpenuhi dan tidak melakukan perkara-perkara yang dapat membatalkan puasa. Jadi, meskipun syarat dan rukun puasa terpenuhi, tetapi melakukan perkara yang membatalkan puasa, maka tentu puasa yang dilakukannya tidak sah dan hal itu dapat menghapus pahala puasa. Selain itu, jika seseorang melakukan perkara-perkara yang membatalkan puasa, maka di lain hari ia harus menggantinya (qadha') dan atau membayar kafarat (tebusan) seseuai ketentuan yang ada.

Adapun syarat wajib berpuasa itu ada tiga, tapi ada juga yang mengatakan empat, sebagaimana diterangkan Oleh Syaikh Ibnu Qasim Al-Ghazi di dalam Kitab Fathul Qorib. 

Berikut ini syarat wajib puasa:

1. Islam
2. Baligh
3. Berakal

Kemudian menurut ulama yang berpendapat ada empat, maka tiga tersebut ditambah satu lagi, yakni:
4. Mampu berpuasa

Sedangkan rukun atau fardhu puasa ada empat perkara, yaitu:

1. Niat
2. Menahan diri dari makan dan minum

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN