Cara Menetapkan Tahun Hijriyah

 
Cara Menetapkan Tahun Hijriyah

PERTANYAAN :

Mohon dikinclongkan dengan jurus naga geni : Wakil TuhanSetahu saya, Penanggalan Hijriyah diawali sejak peristiwa Hijrahnya nabi Muhammad.SAW, dari Mekah ke Madinah. Jadi sewaktu Muhammad (belum jadi Nabi & Rosul) dilahirkan, secara real yang namanya tanggal 12 Robi'ul awwal itu, blm ada, dong ! Mohon ma'af Hmm,  Bulan Rabiul awwal itu mulai adanya kapan ya?

JAWABAN :

Memang kalender hijriyah dimulai sejak nabi hijrah. Dan saat nabi lahir sudah ada nama bulan dan robiul awal tapi tahunnya masih belum dijadikan pedoman.

Dalam Bab keseratus lima belas kitab Bustanul 'arifin dalam menerangkan hari-hari dan bulan-bulan. Berkata al-Faqih ra. : ketahuilah bahwasannya setahun itu ada 12 bulan :

1.Bulan yang pertamama adalah bulana ''Muharram'' dan sesungguhnya bulan itu dinamai Muharram, karena peperangan di bulan tersebut di haramkan dalam hal apapun di era jahiliyah.

2.kemudian ''Shofar'' dan sesungguhnya mereka menamai bulan tersebut dengan shofar, karena orang-orang ditimpa oleh satu penyakit, lalu memucat wajah-wajah mereka maka mereka menamai bulan itu dengan shofar, karena pucatnya wajah-wajah di bulan itu.

3.dikatakan oleh satu pendapat, dinamai shofar, karena sesungguhnya iblis shofaro (bersiul) memanggil bala tentaranya ketika keluar bulan muharram, dan telah dihalalkan perang bagi orang-orang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN