Kenali Gejala pada kendaraan Anda akibat kurangnya Kualitas Bahan Bakar

 
Kenali Gejala pada kendaraan Anda akibat kurangnya Kualitas Bahan Bakar

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, bahan bakar berkualitas tinggi pasti menawarkan kesempurnaan pembakaran di dalam ruang mesin sehingga keawetan dan performa mesin tetap terjaga. Namun sebaliknya jika menggunakan bahan bakar berkualitas buruk, otomatis kendaraan bisa bermasalah. Hal ini tentunya akan  sangat merugikan Anda. Oleh karena demikian, yuk mari kenali beberapa gejala berikut yang terjadi pada kendaraan anda akibat pemakaaian bahan bakar kurang berkualitas. 

1. Lemahnya Akselerasi 

Akselerasi mobil yang lemah merupakan pertanda jeleknya kulaitas bahan bahkar. Mobil bisa saja delay dan tak responsif karena mesin mengalami beberapa masalah. Mobil akan membutuhkan beberapa detik untuk bereaksi terhadap pedal akselerator sebelum berakselerasi. Atau bahkan tak akan berakselerasi sama sekali.Jika anda mencoba melaju kencang, maka gejala tersebut akan terasa dengan jelas.

2. Berubahnya Tingkat Kecepatan

Bahan bakar berkualitas buruk bisa membaut mobil mengubah kecepatannya saat melaju. Bahkan ketika pengemudi tak menginjakkan kaki di pedal gas. Mobil akan berubah kecepatan tanpa sebab.

3. Mesin Mati Mendadak

Tanda lainnya adalah mobil tiba-tiba berhenti saat melaju. Hal itu bisa terjadi lantaran proses pembakaran internal tidak bisa menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mempertahankan operasi mesin. Akibatnya, mobil mati mendadak.

4. Susah saat Dinyalakan

Jika bahan bakar kotor atau jelek kualitasnya, maka otomatis saat mesin dinyalakan akan terasa sulit. Terlebih jika bahan bakar mengandung air atau kotoran yang tercampur dengan bahan bakar, maka mesin kendaraan anda akan bekerja tak stabil (pincang) dan akan tersendat-sendat saat dikendarai.